Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Transfer Daya / Energi Listrik Tanpa Kabel

Assalamu'alaikum sobat, pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang teknologi yang saat ini sedang banyak diteliti oleh para ilmuwan yakni tentang Transfer Daya Listrik Tanpa Kabel Dengan Menggunakan Prinsip Induksi dan Resonansi Magnetik. Artikel ini sebenarnya merupakan hasil skripsi saya yang saya kerjakan pada tahun 2013 semasa masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di NTB.
Wireless Power Transfer

Materi tentang Transfer Daya Listrik Tanpa Kabel ini pada dasarnya sudah banyak sekali dibahas, khususnya oleh para peneliti dari luar dengan metodologi yang sangat beragam dan dipublikasikan secara gamblang di internet melalui paper-paper / Jurnal ilmiah dengan sangat detil, mulai dari dasar teori, kerangka penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan sampai daftar pustaka. Hal ini berbeda sekali dengan ketika saya mencoba mencari materi ini di website-website jurnal nasional. Yang membahas tentang Transfer Daya Listrik Tanpa Kabel ini memang banyak, namun hanya gambaran umum nya saja. Sebagai contoh, saya menemukan materi Transfer Daya Listrik Tanpa Kabel ini di website Universitas Indonesia dalam format pdf, namun pembahasannya masih secara umum saja, alias hanya dasar teori nya saja. Tidak ada metodologi penelitian apalagi hasil & pembahasannya. Hal ini membuat saya yang waktu itu mengangkat topik yang sama saat mengerjakan skripsi menjadi kesulitan. Akhirnya dengan berat hati saya memilih sebuah paper berbahasa inggris untuk saya jadikan refrensi penelitian saya waktu itu. Hal ini cukup menyulitkan bagi saya karena saya memang tidak begitu akrab dengan bahasa inggris, namun dengan modal niat ingin lulus, alhamdulillah saya bisa menyelesaikan skripsi saya tentang Transfer Daya Listrik Tanpa Kabel meskipun dengan banyak sekali rintangannya.

Dengan latar belakang itulah, saya ingin mencoba sharing dengan sobat-sobat yang sedang dalam masa akhir kuliah (khusunya yang jurusan teknik elektro), tentang materi Transfer Daya Listrik Tanpa Kabel, siapa tau ada yang ingin melanjutkan penelitian tentang Transfer Daya Listrik Tanpa Kabel yang hasilnya waktu itu saya rasa kurang maksimal. pada postingan ini, saya akan menyediakan link download nya mulai dari BAB 1 sampai dengan BAB 5. Namun perlu saya tekankan bahwa materi ini hanya ditujukan untuk kepentingan edukasi bagi rekan-rekan mahasiswa yang sedang dalam masa akhir kuliah dan tidak untuk dikomersilkan dalam bentuk apapun. Link-link download di bawah ini akan mengarahkan anda ke situs oneDrive milik microsoft. Di sana anda bisa mendownload dan mencetak dokumen-dokumen berikut tanpa batas. Tapi sekali lagi saya ingatkan, ini hanya untuk kepentingan edukasi dan tidak diizinkan untuk kepentingan lain dalam bentuk apapun.
  1. Cover Judul
  2. Daftar Isi
  3. BAB 1 (Pendahuluan)
  4. BAB 2 (Landasan Teori)
  5. BAB 3 (Metodologi Penelitian)
  6. BAB 4 (Hasil dan Pembahasan)
  7. BAB 5 (Kesimpulan)
  8. Daftar Pustaka
  9. Lampiran-lampiran
  10. Paper
Mohon digunakan dengan sebaik-baiknya. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi saya di sini. Selamat membaca dan semoga sukses.

1 comment for "Transfer Daya / Energi Listrik Tanpa Kabel"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Studi Elektronika, menurut saya bidang studi Elektro studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia Elektro.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang terkait yang bisa anda kunjungi di Studi Elektronika

    ReplyDelete

Berlangganan via Email