Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAB 5 Kesimpulan Transfer Daya Listrik Tanpa Kabel

5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengukuran yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :
  1. Alat transfer energi listrik nirkabel yang dirancang sudah dapat bekerja dan mampu menyalakan sebuah beban LED dengan jarak maksimum 20 cm.
  2. Semakin besar jarak antara pengirim dan penerima, ternyata daya yang diterima pada rangkaian penerima semakin kecil, di mana hal itu juga berarti efisiensi daya akan semakin menurun seiring bertambahnya jarak antara pengirim dan penerima.
  3. Terdapat rentang frekuensi tertentu di mana WPT dapat mengirimkan daya dengan efisiensi maksimum dalam hal ini pada frekuensi 774 KHz. Jika frekuensi diturunkan atau dinaikan dari frekuensi tersebut maka pengiriman daya akan menurun.
  4. Pada percobaan dengan penambahan inti pasir besi pada rangkaian penerima, daya yang diterima oleh penerima mengalami sedikit penurunan dibandingkan yang tanpa inti.
  5. Semakin besar medan elektromagnetik yang dipancarkan pada sisi pengirim, maka daya yang mampu dipancarkan akan semakin besar pula. Begitupun dengan jarak transfer daya yang juga akan semakin jauh.
  6. Semakin jauh jarak transfer daya dengan penerima, maka hanya sedikit bagian sinyal yang tertangkap penerima dan dengan frekuensi lebih rendah dari frekuensi resonan yang mana besar medan elektromagnetik yang dipancarkan pengirim akan semakin kecil.

5.2 Saran

  1. Selama melakukan penelitian, banyak kendala yang dihadapi oleh penulis dalam merealisasikan tujuan dari Tugas Akhir ini. Oleh karena itu, untuk penelitian berikutnya dengan topik yang sama, penulis memiliki beberapa saran.
  2. Dalam pembuatan alat WPT ini membutuhkan ketelitian dalam menentukan nilai-nilai komponen yang digunakan khususnya dalam menentukan nilai kapasitor dan induktor yang digunakan dalam rangkaian pengirim. Rangkaian pada sistem WPT ini sangat bergantung pada komponen L dan C karena syarat terbentuknya frekuensi resonansi adalah mengharuskan nilai  sama atau paling tidak mendekati dengan nilai  agar resonansi dapat terjadi.
  3. Hasil penelitian ini masih mentransfer daya dalam jumlah kecil dan jarak yang minim. Oleh karena itu, jika peneliti berikutnya menghendaki daya yang ditransfer besar dengan jarak yang semakin jauh, maka hal pertama yang harus dilakukan peneliti adalah bagaimana membuat medan elektromagnetik yang dipancarkan oleh pengirim menjadi sebesar mungkin agar jangkauan kirimnya menjadi jauh karena besarnya daya yang dapat ditransfer berbanding lurus dengan dimensi kumparan pengirim yang digunakan. Untuk melakukan hal itu, peneliti harus memperbesar dimensi kumparan pengirim, memperbesar aliran arus dalam kumparan (karena jika menginginkan medan yang besar maka arus yang mengalir dalam kumparan juga harus besar) dan mencari nilai kapasitor yang sesuai agar frekuensi resonansi dapat tercapai.
  4. Desain koil penerima juga sangat menentukan besarnya daya yang dapat diterima dari pengirim. Desain koil penerima yang bagus adalah yang memiliki frekuensi resonansi yang sama dengan pengirim atau mendekati agar resonansi antara pengirim dan penerima dapat tercapai.

Simulasi alat

Post a Comment for "BAB 5 Kesimpulan Transfer Daya Listrik Tanpa Kabel"