Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tingkatan-tingkatan aqidah Islam

Tingkatan-tingkatan aqidah Islam - Aqidah atau iman yang dimiliki sesroang tidak selalu sama dengan yang dimiliki orang lain, ia memiliki tingkatan-tingkatan tertentu tergantung pada upaya orang itu, sebab iman pada dasarnya berkembang, ia bisa tumbuh subur atau sebaliknya, kalau tidak dipelihara akan berkurang, mengecil atau bahkan hilang sama sekali.

Tingkatan aqidah tersebut adalah :
  1. Tingkat taqlid, yakni tingkat di mana keyakinan didasarkan atas pendapat orang yang diikutinya tanpa difikirkan lagi.
  2. Tingkat yakin, yakni tingkat keykakinan yang didasarkan atas bukti, dan dalil yang jelas, tetapi belum sampai menemukan hubungan yang kuat antara obyek keyakinan dengan dalil yang diperolehnya, sehingga memungkinkan orang terkecoh oleh sanggahan-sanggahan atau dalil-dalil lain yang lebih rasional dan mendalam.
  3. Tingkat Ainul yakin, yakni tingkt keyakinan yang didasarkan atas dalil-dalil rasional, ilmiah dan mendalam, sehingga mampu membuktikan hubungan antara obyek keyakinan dengan dalil-dalil serta mampu memberikan argumentasi yang rasional terhadap sanggahan-sanggahan yang datang, sehingga tidak mungklin terkecoh oleh argumentasi lain yang dihadapkan kepadanya.
  4. Tingkatan haqul yakin, yakni tingkat keyakinan yang di samping didasarkan atas dalil-dalil rasional, ilmiah dan mendalam, dan mampu membuktikan hubungan antara obyek keyakinan dengan dalil-dalil serta mampu memberikan argumentasi yang rasional dan selanjutnya dapat menemukan dan merasakan keyakinan tersebut melalui pengalaman agamanya.

Post a Comment for "Tingkatan-tingkatan aqidah Islam"

Berlangganan via Email