Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bagaimana cara kerja AC sehingga menghasilkan udara dingin?

Selama ini yang kita tau AC merupakan sebuah alat yang bisa membuat ruangan menjadi terasa dingin atau sejuk bukan?, Yups, tapi pernahkah kita yang awam ini sesekali berfikir bagaimana sih AC tersebut bisa membuat udara menjadi dingin?

Bagaimana cara kerja AC sehingga menghasilkan udara dingin?

Sebagian dari kita mungkin akan mengatakan, "Ah, sudahlah. Biarkan itu jadi tugas teknisi AC, saya yang penting tau dingin aja" hehe..

Betul, statement seperti itu tidak salah, semua sudah punya bagian masing-masing, tapi kan tidak ada salahnya juga kita pelajari sekedar sebagai pengetahuan kan?

AC sebenarnya adalah singkatan dari Air Conditioner (Pengkondisi udara). Maksudnya adalah alat yang berfungsi untuk mengatur kondisi udara. Dari kondisi panas menjadi dingin, atau dari kondisi ber temperatur tinggi menjadi rendah.

Baiklah, kita akan bahas step by step ya, mulai dari komponen-komponen utama yang bekerja menjadi satu kesatuan sehingga bisa menghasilkan udara dingin.

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA AIR CONDITIONER (PENDINGIN UDARA)

  1. Evavorators
  2. Condenser
  3. Expansio Valve
  4. Compressor

Evavorators 

Evavorators sering disebut dengan istilah Indoor oleh para teknisi AC. Dikatakan Indoor karena posisinya di dalam ruangan. Evavorator ini lah yang nantinya akan membuat udara di dalam ruangan menjadi dingin. Inti dari Evavorator adalah Coil (Lilitan). Lilitan apa maksudnya? Liat gambar nya aja ya, hee

Bagaimana cara kerja AC sehingga menghasilkan udara dingin?
Coil Evavorator

Iya, lilitan maksudnya pipa tembaga yang dibengkok-bengkok kan sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti keranda jenazah, haha.

Evavorator ini adalah jalur mengalirnya uap refrigrant (Freon) bertekanan rendah (refrigrant dingin) setelah melalui katup ekspansi yang nantinya akan menyerap panas di dalam ruangan.


Condenser

Aliran uap refrigrant  yang keluar dari coil evavorator kemudian masuk Compresor. Compresor memompa refrigrant sehingga berubah menjadi gas bertekanan yang panas. Temperatur pada oulet compresor lebih tinggi dari temperatur atmosphere. 

Bagaimana cara kerja AC sehingga menghasilkan udara dingin?
Coil Condenser

Gas panas bertekanan tersebut kemudian masuk ke Coil Condenser. Gas panas bertekanan pada coil condenser kemudian diturunkan tempearturnya menggunakan kipas yang biasa kita kenal dengan istilah kipas outdoor. Selama proses pelepasan panas sini, refrigrant yang tadinya berbentuk gas berubah kembali dalam bentuk cair.

Axpansion Valve

Refrigrant cair yang keluar dari output coil condesner kemudian masuk ke Valve expansi. Tujuan valve ekspansi adalah untuk menurunkan tekanan aliran refrigrant. Penurunan tekanan oleh valve ekspansi ini akan membuat aliran refrigrant mengalamami penguapan, sehingga membuat refrigrant menjadi dingin.

Bagaimana cara kerja AC sehingga menghasilkan udara dingin?

Bagaimana cara kerja AC sehingga menghasilkan udara dingin?

Valve Ekspansi


Compresor

Bagaimana cara kerja AC sehingga menghasilkan udara dingin?
Compresor

Refrigrant cair yang keluar dari evavorator kemudian dipompa oleh kompresor sehingga menghasilkan refrigrant berwujud gas bertekanan yang kemudian dialirkan ke coil condenser.

Prinsip kerja sistem pendingin

Bagaimana cara kerja AC sehingga menghasilkan udara dingin?
Prinsip Kerja AC


Finally, jika semua komponen di tas disatukan sehingga membentuk sebuah sistem seperti di atas, maka akan terlihat bagaimana prinsip keja sistem pendingin ini sesungguhnya. Refrigrant dipompa oleh kompresor sehingga menghasilkan output refrigrant berbentuk gas bertekanan yang panas yang kemudian masuk ke coil condensor. Kipas pada coil condensor akan membantu melepaskan panas refrigrant sehingga refrigrant berubah menjadi cair. Refrigrant cair tersebut masuk ke valve ekspansi untuk diturunkan tekanannya supaya tercipta penguapan, saat ini refrigrant sudah berubah menjadi dingin. Uap refrigrant ini lah yang kemudian masuk ke coil evavorator. Fan indoor akan mengalirkan udar melewati celah-celah coil evavorator sehingga udara akan menjadi dingin.

Pada kenyataanya, letak kompresor dan valve ekspansi tidak sama seperti gambar di atas. Posisi compresor berada dekat dengan coil condesnsor, dan valve ekspansi berada di dekat coil evavorator.




Posisi kompresor yang berdekatan dengan coil condensor tidak akan jadi masalah. Akan tetapi katup ekspansi yang terletak di bagian indoor (dekat coil evavorator) akan membuat uap menjadi terkondensasi sehingga memerlukan jalur drainase seperti yang biasa kita lihat pada AC-AC split perumahan.

Secara singkat, seperti itulah bagaimana AC bekerja sehingga menghasilkan udara dingin. Aktualnya, ada banyak komponen kelistrikan lain yang digunakan dalam sistem ini.

Oia, artikel ini terinspirasi dari video dengan judul  Bagaimana cara kerja PENDINGIN UDARA (AC)? Dimuat di Channel Ilmu Rekayasa

Jika anda ingin pelajari prinsip kerja AC ini secara lebih detil dan dengan animasi yang memukau, silahkan menonton video berikut atau kunjungi langsung ke Channel nya ya..

Happy learning!

Post a Comment for "Bagaimana cara kerja AC sehingga menghasilkan udara dingin?"

Berlangganan via Email