Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Membuat lampu penerangan otomatis saat siang dan malam hari

Assalam'alaikum, artikel kali ini sesuai judul di atas, kita akan membuat rangkaian listrik sederhana yakni lampu penerangan luar rumah ataupun lampu jalan yang bisa hidup dan mati secara otomatis saat dibutuhkan. Maksudnya di sini, nyala sendiri saat siang hari dan mati saat mulai malam hari tanpa harus mencet sakelar.

Langsung saja ya, komponen utama yang akan kita gunakan di sini adalah sensor cahaya atau photocell. Gambar nya kayak di bawah ini nih,

Photo control AC 220 VAC

Sensor ini banyak dijual baik di toko-toko fisik maupun online ya. Harganya juga cukup murah, sekitar 40rb an. Jika dibandingkan dengan fungsi dan manfaatnya, harga segitu murah lah ya..

Ok lanjut, Prinsip kerja sensor ini sebenarnya sederhana saja, saat mulai terkena cahaya ataupun kehilangan cahaya, switch di dalam sensor ini akan berubah posisi dri open ke close atau sebaliknya. Itulah alasan kenapa lampu yang dihubungkan dengan sensor ini bisa hidup atau mati secara otomatis. Jika ingin lebih jelas mengenai prinsip kerjanya, silahkan bisa browsing aja di google ya.

Kalo kita perhatikan dengan seksama, sensor ini terdiri dari 3 kabel. Yakni kabel merah, kabel hitam dan kabel putih. Sebagaimana yang bisa kita lihat pada name plate di bagian bawah.




Pada bagian gambar yang saya marking merah, ada 3 keterangan warna dalam bahasa inggris, yakni Load (Red), Neut (White) dan Line (Black). Penjelasannya sebagai berikut :
  1. Load artinya beban, Red artinya merah. Artinya, kabel warna merah tersebut nantinya akan disambung ke kabel phase yang menuju lampu penerangan/beban.
  2. Neut artinya Netral atau 0, White artinya putih. Artinya kabel warna putih tersebut disambungkan dengan sumber netral, baik dari sumber ataupun ke lampu. Bahasa keren nya, paralel.
  3. Line artinya Sumber, Black artinya hitam. Artinya kabel warna hitam tersebut disambung ke sumber listrik positif/phase, namun tidak disambung ke beban atau lampu.
Jelasnya, berikut sambungan yang diperlukan agar lampu kita bisa nyala dan mati secara otomatis saat siang dan malam hari.

Skema penyambungan lampu otomatis


Gimana? simple ya.. Simple pake banget. Tapi tetap, karena listrik adalah sesuatu yang berbahaya, kita harus hati-hati ya..

Oia, untuk posisi pemasangan sensor, usahakan di tempat yang benar-benar terbuka. Di atap rumah jg boleh. Yang penting jangan di dalam rumah saja, hehe.

Yang pengen beli online sensornya, silahkan ke link berikut : Tokopedia

Post a Comment for "Membuat lampu penerangan otomatis saat siang dan malam hari"

Berlangganan via Email