Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Adsense utama

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Ada beberapa alasan kenapa kita akhirnya memutuskan untuk tambah daya, antara lain :

  1. Dari awal asal pasang saja tanpa mempertimbangkan jumlah beban listrik yang ada di rumah kita, terutama saat beban maghrib (puncak), di mana kWh meter bisa jegleg (trip) karena beban sudah melewati rating MCB, atau bahkan sudah tidak bisa nyala lagi karena beban listrik sama sekali tidak sesuai dengan daya kWh.
  2. Adanya penambahan beban listrik baru di rumah kita yang jika dihidupin bikin kWh meter trip karena sudah melewati rating MCB. Beban-beban seperti ini biasanya adalah yang kapasitas watt nya besar, seperti heater, AC, kulkas, pompa air, dll.

Dari 2 alasan di atas, yang paling sering jadi penyebab pelanggan akhirnya memutuskan tambah daya adalah karena adanya penambahan beban di rumah.

Berikut ini adalah biaya dan cara tambah daya 2021.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Biaya tambah daya 2021

Langkah awal sebelum memutuskan tambah daya adalah sebaiknya cek dulu estimasi biaya yang nantinya harus anda siapkan untuk tambah daya.

Estimasi biaya tambah daya bisa dicek secara online melalui website PLN berikut :

Estimasi Tambah Daya

Nantinya, akan tampil jendela seperti ini :

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Ada beberapa pilihan yang harus diisi, antara lain :

  • Daya awal (Daya kWh meter yang anda gunakan saat ini)
  • Produk Layanan (Prabayar atau pascabayar)
  • Peruntukan (Anda akan menggunakan listrik ini untuk apa, apakah untuk rumah tangga, bisnis, industri dll)
  • Daya (daya yang anda inginkan saat ini).

Berikut ini contoh simulasi yang saya buat, anda bisa mengikuti ini jika kebetulan anda akan menambah daya dengan besar yang sama.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Pada contoh di atas, saya punya kWh meter PRABAYAR dengan daya 450 VA, yang mana kWh meter ini saya gunakan untuk penggunaan pribadi/rumah tangga.

Saya ingin menambahnya menjadi 900 VA, dan saya juga ingin menambah token perdana sebesar 40.000 rupiah. 

Rumah saya berlokasi di kabupaten lombok tengah.

Setelah semua selesai saya isi, maka saya menekan tombol Hitung Biaya. Maka dalam waktu beberapa saat, estimasi biaya akan keluar seperti yang ditunjukan pada gambar.

Jadi total yang harus saya siapkan untuk tambah daya dari 450 VA ke 900 VA, dengan token perdana Rp. 40.000; adalah sebesar Rp. 461.500.

Jika ingin melihat detil biaya tersebut, anda bisa menekan tombol Detail Biaya yang berada tepat di bawah nya. Nantinya akan muncul keterangan seperti di bawah ini.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Nah, setelah kita mengetahui biaya/anggaran yang harus kita siapkan, langkah selajutnya adalah pergi ke kantor rayon PLN terdekat untuk mengurus administrasinya.

Cara tambah daya listrik 2021

Untuk prosedur/cara tambah daya sebenarnya tidak ribet. Saat mendatangi kantor PLN terdekat, siapkan :

  1. ID pelanggan sama KTP (untuk kWh meter prabayar). Untuk meter pascabayar, selain KTP, anda juga harus melunasi tagihan bulan berjalan untuk bisa diproses.
  2. Biaya/anggaran sejumlah estimasi di atas.
  3. Selesaikan proses administrasinya, pihak PLN akan menjadwalkan kapan waktu eksekusi tambah daya akan dilakukan. Mereka biasanaya akan meminta no telepone untuk kemudahan teknisi nantinya.

Untuk estimasi biaya, sebaiknya anda menyiapkan anggaran yang lebih besar dari estimasi di atas. Estimasi artinya perkiraan, ada kemungkinan berbeda karena hal-hal tertentu, akan tetapi harusnya tidak menyimpang terlalu besar.

Misal menurut estimasi biayanya adalah Rp. 461.000;-, maka tidak ada salahnya anda menyiapkan sebesar Rp. 500.000;

Selain cara di atas, untuk tambah daya juga sebenarnya bisa dilakukan secara ONLINE memalui website PLN. Berikut acaranya.

Cara tambah daya secara Online 2021

Tambah daya secara online ini artinya anda bisa mengisi form administrasi secara online melalui website PLN.

Cara ini menjadi lebih praktis dan efisien khususnya untuk anda-anda yang melek teknologi, apalagi di masa pandemi seperti saat ini, di mana kebijakan PPKM masih berlaku di beberapa daerah di indonesia.

Hanya saja, cara ini akan menjadi lebih ribet bagi orang-orang awam yang tidak begitu familier dengan dunia internet dan teknologi.

Baiklah, untuk memulai proses tambah daya secara online, silahkan klik link berikut.

Tambah Daya Online

Nantinya akan muncul jendela atau kotak dialog seperti ini.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Bagian ini adalah syarat dan ketentuan berdasarkan undang-undang. Jika anda suka membaca, silahkan dibaca. Jika tidak, silahkan klik tombol SETUJU. Setelah klik setuju, akan muncul kotak dialog baru, klik OK.

Nantinya anda akan dibawa ke tampilan berikut ini.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Terlihat banyak sekali yang harus diisi ya? Sebenanrya tidak juga. Setelah anda memasukan ID Pelanggan / Nomor meter, beberapa kotak dialog akan terisi secara otomatis, dan beberapa perlu diisi manual.

Berikut ini contoh isian yang saya lakukan.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021


Pada kolom identitas pelanggan, ada 2 pilihan. Jika anda menggunakan kWh meter pasca bayar, pilih IDPEL dan masukan ID pelanggan kwh meter anda.

Saya menggunakan kWh meter Prabayar, jadi saya memasukan Nomor Meter seperti di atas.

Setelah mengisi identitas pelanggan, masukan kode captcha warna hitam di samping kiri. Jika anda kesulitan membaca kode nya, silahkan refresh kode untuk mendapatkan kode yang lebih mudah.

Setelah ke 2 kolom diisi, klik tombol Cari. Hasilnya seperti berikut.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Pada bagian yang saya marking kuning, silahkan isi sesuai data anda. Anda mungkin kesel karena di situ ada kolom NPWP (Nomor pokok wajib pajak), sama saya juga. 

Kunjungi Link berikut untuk melihat nomor NPWP anda (dengan catatan anda sudah daftar).

CEK NPWP

Nanti anda akan diarahkan ke tampilan berikut.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Silahkan isi NIK KTP, KK dan masukan kode captcha. Jika sudah, silahkan klik cari. Nantinya nomor NPWP anda akan muncul seperti berikut.

Jika sudah terisi semua, lanjutkan untuk mengisi form selanjutnya.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Pada Tab data pemohon, silahkan chek Ya jika anda akan memasang kWh meter tsb di rumah pribadi anda. Pilih Tidak jika kWh meter akan dipasang pada bangunan lain.

Kemudian lanjut ke form berikut.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021


Jika sudah, silahkan klik HITUNG BIAYA. Pada form berikutnya nanti akan muncul hasil seperti berikut.

Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021

Berdasarkan hasil hitung biaya di atas, total biaya tambah daya adalah Rp. 414.800. Total ini berbeda dengan estimasi biaya di atas karena simulasi yang saya gunakan berbeda.

Jika di bagian estimasi biaya di atas saya mensimulasikan tambah daya dari 450 ke 900 VA, maka di contoh tambah daya secara online ini dengan daya 900 ke 1300 VA. 

Jika anda punya voucher PLN, silahkan masukan pada kolom yang saya marking kuning di atas. Jika tidak, kosongkan saja.

Jangan lupa centang pernyataan bahwa data yang anda isi adalah benar. 

Masukan kode captcha warna hitam. Setelah itu SIMPAN PERMOHONAN. Selesai.

Data anda akan dicek dan diproses lebih lanjut oleh PLN. Dalam waktu dekat, anda akan dihubungi untuk menyelesaikan pembayaran dll. Setelah itu eksekusi tambah daya.

Khaddavi Al-Fatih
Khaddavi Al-Fatih Mulai kenal dunia blogging pada tahun 2008, dan aktif menulis sejak 2015 hingga sekarang. Saya banyak mendapat ilmu kelistrikan sejak bekerja di industri. Itulah sebabnya fokus artikel pada blog ini lebih mengarah tentang kelistrikan. Saya yakin banyak kekurangan, baik dari kedalaman materi maupun penulisan, oleh karena itu saya mohon bantuan para pembaca untuk memberi masukan positif agar blog ini bisa terus berkembang. Silahkan dishare pada tombol share di bawah jika menurut anda artikel ini bermanfaat. Terimaksih banyak atas kunjungannya dan selamat membaca..

Post a Comment for "Biaya dan cara tambah daya listrik PLN 2021"