Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari artikel di sini

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar, listriknya barengan

Jika anda kurang suka dengan cara pasang 1 pompa untuk dua rumah pada artikel sebelumnya, maka anda boleh coba teknik yang ke 2 ini ya. Kita akan pasang 1 buah pompa air untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar atau yang orang-orang biasa sebut dengan istilah sakelar hotel, sakelar lorong, dll. Intinya sama aja.

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar / sakelar hotel
Sakelar tukar / sakelar hotel

Sebelum kita lanjut ke pembahasan, saya ingin menjelaskan dulu sedikit tentang apa sih sakelar tukar itu?

Pengertian sakelar tukar

Sakelar tukar (sakelar hotel) adalah sakelar yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan beban listrik dari 2 tempat yang berbeda. Juga dinamakan sakelar hotel karena umumnya sakelar model ini banyak digunakan pada perhotelan yang memiliki area yang luas, memiliki banyak lorong-lorong panjang sehingga akan memudahkan bagi petugas hotel untuk mematikan dan menghidupkan lampu dari ujung ke ujung lorong. Contohnya kayak gambar di bawah.

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar / sakelar hotel
Sakelar tukar pada lorong hotel

Ngeliat lorong hotel kayak gini jadi ngeri-ngeri sedap ya, seakan-akan bakal ada penampakan gitu, hehe.

Intinya kayak gitu ya, dengan adanya sakelar tukar, maka lampu-lampu sepanjang lorong hotel di atas bisa dimatikan dari ujung ke ujung, atau dari tempat lain. Kan gak enak banget kalo untuk mematikan dan menghidupkan lampu lorong ini petugas hotel nya harus jalan dari ujung ke ujung, jauh.. hehe.

Ok, karena sakelar tukar bisa mematikan lampu dari 2 tempat yang berbeda, itu artinya jika ingin menggunakan sakelar ini di rumah kita, maka kita kudu beli sepasang (2 pcs). Ya iyalah, kalo 1 doang mana bisa hidupin dari 2 tempat. hehe

Aplikasi sakelar tukar ini umumnya memang untuk lampu. Jarang ada orang yang menggunakan sakelar tukar untuk aplikasi yang lain misalnya untuk hidupin pompa dan lain-lain. Akan tetapi karena anda memaksa saya (wkwk siapa yang maksa?), jadi saya merasa harus membuat artikel ini agar anda juga paham bagaimana caranya.

Baiklah, agar tidak terlalu lama dongeng, kita lanjut saja ke cara pasang 1 pompa untuk 2 rumah pake sakelar tukar.

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar

Secara umum, cara pasang 1 pompa untuk 2 rumah pake sakelar tukar adalah dengan cara merangkai sedemikian rupa saklear seri dengan MCB 1 phase seperti gambar wiring di bawah ini sehingga pompa bisa kita gunakan bersama.

Sekarang saya asumsikan anda sudah paham apa itu sakelar tukar dan sudah memiliki barangnya. Jika belum, silahkan cari di toko-toko listrik/bangunan atau di marketplace. Kata kuncinya sakelar tukar atau sakelar hotel. Barangnya kayak gini.

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar / sakelar hotel
Gambar 1 : Tampak depan

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar / sakelar hotel
Gambar 2 : Sakelar tukar tampak belakang

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar / sakelar hotel
Gambar 3 : Sakelar tunggal/seri tampak belakang

Jadi bentuk sakelarnya kayak gitu ya, gambar 2 itu model terminal sakelar tukar, dan gambar 3 tuh sakelar tunggal atau sakelar biasa. Sakelar ini nggak mahal kok, di Bukalapak saya liat harganya 24 rb an per unit, jadi kalo beli 2 ya 50 rb an sekalian ongkirnya.

Kalo ngeliat tampak depannya, sakelar tukar ini terlihat tidak ada bedanya dengan sakelar biasa/tunggal/seri. Tapi jika dilihat bagian belakangnya (sisi terminal), maka akan terlihat perbedaan yang jelas antara ke 2 model sakelar ini.

Perhatikan gambar 2, terdapat 3 buah kutub terminal pada sakelar tukar. Sedangkan pada sakelar biasa hanya 2 saja.

Baiklah, tinggalkan sakelar biasa dan fokus pada sakelar tukar. Berikut skema instalasi nya.

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar / sakelar hotel
Skema instalasi sakelar tukar


Seperti inilah skema instalasi sakelar tukar untuk menyalakan pompa air dari 2 rumah.

Perhatikan!!

Sebelum anda mempraktikan instalasi ini, PASTIKAN bahwa sumber PLN yang masuk ke rumah 1 dan 2 adalah phase yang sama. Entah itu R,S, dan T. Caranya sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya ya. Jika tidak, maka saya tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan!

Baiklah, jika sudah, kita bahas dulu skema di atas.

Pada gambar terlihat bahwa masing-masing rumah memberikan sumber/suply daya ke pompa. Kenapa tidak pake 1 sumber saja? Misal dari rumah 1 atau rumah 2?? Bisa. Tapi maksud saya bikin kayak gitu supaya adil!

Pemakaian listrik hanya dari 1 rumah tentu tidak adil. Apalagi untuk menyalakan pompa yang boros listrik. Rumah yang ngasih sumber bakalan terbebani tagihan listrik/boros pulsa.

Kan rumah yang lain bisa bantu bayar tagihan atau beli pulsa listrik?? Betul... Tapi yang namanya manusia, akan ada saat di mana pemilik rumah yang numpang gak bisa/mau bantu bayar. Hal ini tentu bisa menjadi konflik. Pokoknya mending jangan berurusan masalah uang lah sama tetangga. Haha

Sebenarnya, ada solusi agar meskipun anda menggunakan 1 pompa ber 2, listrik yang anda pake saat menghidupkan pompa adalah listrik dari kWh anda sendiri, begitupun dengan rumah satunya. Intinya masing-masing menggunakan listrik nya sendiri. Oia? caranya gimana? Pake kontaktor.

Baca juga : Cara pasang 1 pompa untuk 2 rumah menggunakan kontaktor

Lanjut. Jadi baik rumah 1 dan rumah 2 sama-sama ngasih sumber ke pompa. Dengan begini, tinggal disepakati. Masing-masing rumah  menghidupkan MCB nya sendiri selama beberapa hari untuk penggunaan bersama.

Misalkan, suply listrik dari rumah 1 selama 5 hari, dan rumah 2 juga 5 hari. Dengan kesepakatan begini, pemakaian listrik masing-masing rumah tentu tidak akan benar-benar sama selama 5 hari itu. Tapi menurut saya, ini adalah skema paling adil untuk ke 2 rumah, dan insyaAllah ke 2 rumah ini bakalan aman dari konflik. Hahaha

Sekarang, kita anggap yang punya giliran untuk ngasi suplay listrik ke pompa adalah rumah 1. Maka MCB di rumah 1 di ON kan!

Sekarang kita bahas rangkaian ini jika sakelar diposisikan pada posisi tertentu, baik posisi on maupun Off.

1. Posisi sakelar di rumah 1 dan 2 sama-sama berada pada posisi ke atas (dipencet ke atas).

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar / sakelar hotel
Tuas sakelar rumah 1 dan 2 berada di atas

Baiklah, saya anggap anda sudah melakukan instalasi seperti gambar di atas.

Jika posisi tuas sakelar rumah 1 dan rumah 2 berada pada posisi sama-sama di atas, maka aliran arus pada rangkaian ini akan seperti gambar di atas.

Line warna merah artinya ada arus, dan yang kuning tidak ada arus yang mengalir. Line hitam adalah nol atau netral. Awalnya arus mengalir melalui sakelar rumah 2, namun terhenti di rumah 1 karena posisi sakelar pada rumah 1 open (putus).

Begitu juga jika tuas sakelar di ke 2 rumah berada pada posisi di bawah, maka pompa tidak akan menyala karena sudah PASTI aliran arus akan terhenti di salah 1 sakelar, entah itu rumah 1 maupun rumah 2.

Intinya, saat ke 2 tuas sakelar berada pada posisi yang sama, maka pompa akan mati.

2. Posisi sakelar di rumah 1 berbeda dengan sakelar di rumah 2.

Untuk kasus ini, posisi sakelar bisa berada pada 2 kondisi berikut :

# Tuas sakelar pada rumah 1 ke atas dan rumah 2 ke bawah

Tuas sakelar rumah 1 ke atas, dan rumah 2 ke bawah

Dari gambar di atas, terlihat jelas bahwa jika kondisi sakelar dalam posisi seperti ini, maka arus akan mengalir melalui sakelar rumah 2, kemudian menuju rumah 1 dan berakhir di pompa air. Dalam kondisi ini, pompa air hidup.

# Tuas sakelar pada rumah 1 ke bawah dan rumah 2 ke atas

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar / sakelar hotel
Tuas sakelar rumah 1 ke bawah, dan rumah 2 ke atas

Dari gambar di atas juga terlihat jelas bahwa jika kondisi sakelar dalam posisi seperti ini, maka arus akan mengalir melalui sakelar rumah 2, kemudian menuju rumah 1 dan berakhir di pompa air. Dalam kondisi ini, pompa air hidup.

Jika ingin mematikannya, maka salah 1 sakelar harus berubah posisi supaya aliran arus menuju pompa terhenti di salah 1 sakelar.

Inilah alasan kenapa sakelar ini bisa menghidupkan dan mematikan beban listrik dari 2 tempat yang berbeda.

Jadi apa yang dapat kita simpulkan setelah memahami rangkaian ini?

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa bisa kita tarik adalah :

  1. Sakelar ini bisa mematikan dan menghidupkan beban listrik dari salah 1 sakelar. Entah itu sakelar 1 ataupun 2
  2. Jika tuas ke 2 sakelar ini berada pada posisi yang sama, entah di atas maupun di bawah, maka beban listrik akan mati karena aliran arus terhenti di salah 1 sakelar.
  3. Jika posisi tuas sakelar di sakelar 1 dan 2 berbeda, maka beban akan hidup.

Gimana? paham sudah kan?

Sekarang kita bahas kekurangan dan kelebihannya ya

Kekurangan dan kelebihan penggunaan sakelar tukar untuk menghidupkan 1 pompa dari 2 rumah yang berbeda

# Kekurangan

  1. Saya pribadi tidak menyarankan anda menggunakan sakelar untuk menghidpkan pompa. Hal ini karena arus starting pompa air bisa 3 kali arus nominal nya. Hal ini lama-lama akan membuat sakelar meleleh dan kebakar. Sudah saya alami sendiri. Bahkan meski kapasitas terminal sakelar ini sampe 10 A, tetap saja lama-lama akan terbakar karena arus starting. Jadi sebaiknya gunakan MCB.
  2. Membutuhkan kabel yang lumayan banyak karena instalasi 2 sakelar ini pastinya akan menghubungkan sakelar 1 dan 2, artinya kabel lintas rumah. Rangkaiannya tidak terpisah.
  3. Jika anda tidak biasa melakukan instalasi, kemungkinan short besar. Karena rangkaian ini memang agak ribet untuk orang awam.
  4. Seperti yang saya bilang di awal, akan ada potensi konflik jika ke 2 rumh tidak pandai mengatur perkara tagihan/pulsa listrik.

# Kelebihan

  1. Praktis dan efisien. 1 pompa bisa dipake bareng-bareng. Ketika rusak pun bisa diurus bareng-bareng, hehe.
  2. Hemat tagihan listrik karena otomatis beban pompa akan ditanggung ber 2. Cie,, ber 2.
  3. Hemat biaya pengadaan. Harusnya beli 2 pompa tapi cukup 1 pompa.
Penutup. Tidak ada yang sempurna. Mau pake teknik instalasi yang mana aja itu tergantung anda. Pertimbangkan baik buruknya lalu putuskan. Semoga keputusan itu yang terbaik. Ceile,, biasa aja keles, Hahaha

Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat ya... Jika ada yang mau ditanyakan atau dikoreksi, silahkan komen di bawah.

Dan mohon support nya untuk blog ini agar terus bisa bikin artikel-artikel yang bermanfaat. Terimakasih..

Khaddavi Al-Fatih
Khaddavi Al-Fatih Dear pembaca... Blog khaddavi.net sangat bergantung pada iklan yang tampil di blog ini. Oleh karena itu, jika anda menggunakan fitur ads block, mohon untuk dinonaktifkan atau masukan blog ini dalam daftar white list pada settingan browser anda agar iklannya tetap bisa tampil. Siapa tau anda tertarik dengan salah 1 iklannya, hehe.. Terimakasih

Post a Comment for "Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah menggunakan sakelar tukar, listriknya barengan"