Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari artikel di sini

Cara pasang 1 pompa untuk 2 rumah pake kontaktor, listriknya masing-masing

Masih kurang tertarik juga dengan instalasi 1 pompa air untuk 2 rumah pake sakelar tunggal atau sakelar tukar? Kurang canggih kah? Ok, kita bikin versi yang lain.

Kalau difikir-fikir lagi, pasang 1 pompa buat 2 rumah dengan cara paralel langsung memang kurang bagus, baik dari sisi keamanan instalasi maupun keamanan manusianya.

Jadi, pada bagian terakhir dari 3 sesi ini, saya mau bikin skema bagaimana caranya instal 1 pompa air untuk 2 rumah, yang mana listrik yang digunakan oleh masing-masing rumah adalah listrik dari kWh nya sendiri secara otomatis, tanpa bergiliran dan tanpa iuran. Caranya gimana?

Pake alat yang bernama kontaktor.

Baca juga : Apa itu kontaktor dan bagaimana prinsip kerjanya

Jika anda belum tau apa itu kontaktor dan cara kerjanya, silahkan baca dulu artikel tersebut.

Kelebihan utama dari teknik instalasi ini adalah bahwa saat masing-masing rumah menyalakan pompa air, maka secara otomatis listrik yang kepake adalah listrik dari kWh nya masing-masing. 

Kelebihan yang ke dua adalah, perbedaan phase tidak jadi masalah jika menggunakan rangkaian ini. Misal rumah 1 adalah phase R dari PLN, dan rumah 2 adalah phase S atau T, tetap tidak akan terjadi hubung singkat antar phase ini. Rangkaian ini akan mengatur sedemikian rupa nantinya. 

Jadi secara umum, cara pasang 1 pompa untuk 2 rumah di sini adalah dengan cara merangkai beberapa komponen seperti kontaktor, MCB 1 phase, dan sakelar tunggal (seri) menjadi satu kesatuan seperti pada gambar wiring di bawah ini.

Sebelum kita lanjut ke skema instalasi, kita lihat dulu nih apa-apa saja komponen yang kita butuhkan untuk instalasi ini.

Komponen-komponen instalasi 1 pompa untuk dua rumah pake kontaktor

Berikut ini komponen-komponen yang kita perlukan :
  1. Kontaktor : 2 pcs
  2. Overload relay (Sangat disarankan) : 2 pcs
  3. kabel : Secukupnya
  4. Sakelar tunggal/seri : 2 pcs
Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah pake kontaktor, listriknya masing-masing
Kontaktor dengan overloa relay

Harga masing-masing komponen ini bisa anda cek di marketplace. Kontaktor dan overload relay biasanya dijual terpisah, tidak langsung 1 set seperti di atas dan harganya pun agak mahal, ratusan ribu. Silahkan pertimbangkan juga jika anda memang mau pasang instalasi ini.

Jika anda sudah memiliki semua komponen di atas, silahkan lakukan instalasi seperti berikut ini.

Skema instalasi pemasangan pompa untuk dua rumah pake kontaktor

Cara pasang 1 pompa untuk dua rumah pake kontaktor, listriknya masing-masing
Rangkaian kontaktor 1 pompa untuk 2 rumah beda phase

Seperti inilah rangkaian 1 buah pompa untuk 2 rumah menggunakan kontaktor. Saya tidak akan menjelaskan detil rangkaian di atas karena saya anggap anda sudah mempelajari prinsip kerja dari kontaktor ini. 

Pada gambar skema di atas, rangkaiannya saya bagi menjadi 2 blok.

Blok pertama adalah rangkaian pada rumah 1 dan blok ke 2 untuk rumah ke 2. Masing-masing terdiri dari sebuah MCB sebagai suply utama baik untuk rangkaian kontrol maupun daya ke pompa nya. 

Masing-masing rumah memiliki sebuah sakelar yang berfungsi untu menghidupkan kontaktor yang pada akhirnya akan menghidupkan pompa air. Jadi fungsi sakelar di sini adalah untuk start stop pompa.

Overload relay pada ke 2 rangkaian ini berfungsi sebagai pengaman saat pompa mengalami beban lebih (Over load).

yang menarik pada rangkaian ini adalah  Rangkaian interlocknya.

Jika anda perhatikan dengan seksama, terdapat sebuah rangkaian interlock antar ke 2 rangkaian ini. Terlihat bagaimana kabel kontrol yang masuk ke coil kontaktor rumah 1 terlebih dahulu masuk ke kontak bantu NC pada kontaktor rumah 2. Hal ini berarti, jika pompa sedang dihidupkan dari rumah 2, maka anda tidak akan bisa menghidupkan pompa ini dari rumah 1.

Begitupun sebaliknya, kabel kontrol yang masuk ke koil kontaktor rumah no 2 terlebih dahulu masuk ke kontak bantu NC kontaktor rumah 1, hal ini akan membuat anda tidak akan bisa menyalakan pompa dari rumah 2 jika pompa sedang dinyalakan dari rumah 1.

Dengan begini, listrik di rumah anda akan aman meskipun menyalakan pompa dari 2 rumah yang bahkan berbeda phase sekalipun.

Kesimpulannya apa?

Kesimpulan

Kesimpulan nya adalah, dibandingkan metode instalasi menggunakan sakelar tunggal dan sakelar tukar (sakelar hotel), membuat rangkaian 1 pompa untuk 2 rumah menggunakan kontaktor ini memiliki beberapa kelebihan, seperti :

  1. Penggunaan listrik sesuai pemakaian. Rumah 1 dan Rumah 2 sama-sama menggunakan listrik dari kWh masing-masing saat menghidupkan pompa air. Tidak ada yang dirugikan, hehe
  2. Bahkan jika phase yang masuk pada rumah 1 dan 2 berbeda, itu tidak masalah karena ada sistem interlock yang akan menjaga pompa hanya bisa dihidupkan dari 1 rumah saja.
  3. Terdapat proteksi overload yang akan menjaga pompa dari kasus kebakar. Pada dasarnya, pompa-pompa saat ini sudah membawa proteksi sendiri yakni THERMAL PROTECTOR yang akan melindungi motor saat beban lebih / saat motor sudah sangat panas.
  4. Overload relay bisa disetting sesuai kapasitas motor pompa. Cara dan perhitungannya bagaimana? Akan saya share di artikel berikutnya.
Di samping kelebihannya, tentu terdapat kekurangannya, apa itu :
  1. Komponen yang digunakan lumayan banyak, jadi butuh biaya lebih.
  2. Instalasinya harus oleh ahli yang sudah benar-benar paham rangkaian terutama prinsip kerja dari masing-masing komponen tersebut.
  3. Kenyataanya, ada kalanya kontaktor bermaslah, misalkan seperti koil kebakar sehingga menyebabkan kontaktor gak bisa gerak meskipun telah dihidupkan, dan terminal power berada pada kondisi selalu terhubung (bahasa orang teknik nya, Lengket). Jika ini terjadi pada salah 1 kontaktor, maka harus diganti.
Baiklah, berakhir sudah pembahasan kita tentang 1 pompa untuk 2 rumah. Dari ke 3 metode ini, manakah yang kira-kira paling cocok untuk anda coba? 

Iya, itu terserah anda. Silahkan pertimbangkan baik buruknya dan tentunya sesuaikan dengan budget yang ada.

Akhir kata semoga bermanfaat. Mohon dukungan untuk blog ini agar saya terus semangat membuat artikel-artikel yang mungki bisa bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa bantu share juga ya... Terimakasih..

Khaddavi Al-Fatih
Khaddavi Al-Fatih Dear pembaca... Blog khaddavi.net sangat bergantung pada iklan yang tampil di blog ini. Oleh karena itu, jika anda menggunakan fitur ads block, mohon untuk dinonaktifkan atau masukan blog ini dalam daftar white list pada settingan browser anda agar iklannya tetap bisa tampil. Siapa tau anda tertarik dengan salah 1 iklannya, hehe.. Terimakasih

Post a Comment for "Cara pasang 1 pompa untuk 2 rumah pake kontaktor, listriknya masing-masing"