Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan listrik nyetrum saat dipegang? Ini penyebab dan solusinya

Pernah nggak suatu ketika anda menyalakan peralatan listrik di rumah seperti TV, Radio, Kulkas, laptop, dll, lalu anda memegang body peralatan listrik tersebut dan anda kayak ngerasa kesetrum atau kayak digigit semut gitu?

Saya pernah, bahkan sering 😃 Pas nyalain kulkas dan nyentuh body bagian belakang, kok nyetrum?

Peralatan listrik nyetrum saat saat dipegang? Ini penyebab dan solusinya

Sebelum belajar kelistrikan, saya juga bertanya tanya kenapa ya? Kok jadi serem gitu? Kadang bikin khawatir sekaligus takut juga buat nyalain kulkas. Waktu itu sih, kalau sekarang sudah nggak, hehe.

Baca juga : Teori dasar listrik

Baiklah, kali ini kita akan bahas apa sih penyebab nya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab peralatan listrik nyetrum saat dipegang dan cara mengatasinya

Penyebab peralatan listrik kita nyetrum saat dipegang adalah karena adanya arus bocor pada peralatan listrik tersebut disebabkan body/casing peralatan yang bertegangan.

Peratama-tama, saya ingin menjelaskan bahwa dalam kelistrikan kita ada mengenal istilah yang namanya arus bocor. Apa itu arus bocor pada peralatan listrik?

Arus bocor adalah arus yang mengalir ke luar dari rangkaian yang semestinya disebabkan oleh kegagalan isolasi peralatan.

Dari pengertian arus bocor di atas, yang perlu kita garis bawahi adalah kalimat Keluar dari rangkaian yang semestinya  dan kegagaglan isolasi peralatan.

Kita hanya perlu memahami 2 kalimat tersebut untuk bisa mengerti tentang permasalahan yang satu ini.

Pada kasus ini kita akan mengambil contoh Kulkas.

Keluar dari rangkaian yang semestinya

Pada kulkas misalnya. Ketika kita menyambung stop kontak untuk menyalakan kulkas, maka arus listrik dari stop kontak tidak hanya mengalir ke bagian-bagian utama kulkas seperti motor lsitrik, kapasitor, switch, fan dll, tapi juga mengalir ke body kulkas.

Kita tahu bahwa kebanyaka body kulkas bagian belakang biasanya terbuat dari bahan metal yang memang memiliki konduktivitas listrik yang baik, sehingga ketika ada kabel bertegangan menempel pada bagian metal tersebut, bahkan meskipun kecil, maka ia akan menajadi bertegangan.

Ketika sebuah konduktor bertegangan kita sentuh, maka badan kita akan menjadi jalur bagi arus listrik untuk mengalir ke bagian yang memiliki tahanan lebih rendah, dalam hal ini ke bumi (ground). Hal ini sebenanrya pernah saya bahas di artikel lain yang membahas penyebab kenapa burung tidak kesetrum saat bertengger di kabel tegangan tinggi.

Baca juga : Kenapa burung tidak kesetrum saat bertengger di kabel tegangan tinggi PLN?

Saat arus bisa mengalir ke tubuh kita, maka kita akan merasakan gejala yang tidak enak. Gejala tidak enak itulah yang dinamakan kesetrum.

Tabel berikut ini menunjukan besaran nilai arus yang jika mengalir pada tubuh kita, maka akan menyebabkan berbagai gejala menyakitkan.

Peralatan listrik nyetrum saat saat dipegang? Ini penyebab dan solusinya

Pada data di atas bisa kita lihat bahwa hanya dengan arus 1 mA (mili amper) saja kita sudah bisa merasakan sakit di tangan. Di atas itu, malah akan lebih serius seperti bengkak, kejut, tremor hingga kematian.

Hal ini lah yang berpotensi terjadi jika arus listrik bocor atau keluar dari rangkaian yang semestinya.

Kegagalan isolasi peralatan

Penyebab arus bocor adalah karena kegagalan isolasi peralatan. Pelaku isolasi namanya isolator. Apa itu isolator? Isolator adalah bahan yang memisahkan konduktor bertegagan agar terisolasi pada jalurnya dan tidak mengalir ke luar.

Saat terjadi masalah pada bahan isolator, maka yang terjadi adalah arus akan mengalir keluar jalur, entah itu ke body, atau bagian lain nya.

Apa penyebab kegagalan isolasi pada peralatan listrik?

Beberapa penyebab kegagalan isolasi adalah :
  1. Kabel terkelupas karena digigit hewan pengerat dan menyentuh body peralatan.
  2. Tegangan tembus karena kualitas isolator yang sangat buruk, misal terjadi keretakan pada isolator.
  3. Pada beberapa peralatan listrik seperti TV, radio dll, terdapat block power suply yang dipasag pada body bagian dalam. Jika box TV terbuat dari metal dan block power suply tidak diberikan pengaman (isolasi), bagian ini juga bisa menjadi sumber kebocoran yang mana bisa menyebabkan body TV menjadi bertegangan.

Bagaimana solusi dari masalah arus bocor ini?

Solusi yang bisa digunakan untuk mencegah kecelakaan akibat arus bocor adalah :

1. Periksa jalur kabel pada peralatan listrik

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu memeriksa jalur kabel pada peralatan listrik secara menyeluruh, mulai dari kabel power hingga bagian dalam peralatan. Jika ditemukan ada bagian kabel yang isolasinya luka/terkupas, silahkan ditutup menggunakan electrical tape / lakban. Jangan lupa, sebelum melakukan pengecekan pastikan peralatan listrik dalam keadaan off.

Peralatan listrik nyetrum saat dipegang? Ini penyebab dan solusinya

Dalam beberapa kasus, kabel yang rusak akibat gigitan tikus kadang tidak hanya merusak bagian isolasi kabel, tapi juga membuat kabel nyaris putus. Jika kondisi ini ditemukan, sebaiknya potong kabel pada bagian bekas gigitan tikus tersebut dan sambung kembali, bahkan jika memungkinkan, ganti saja kabelnya supaya lebih aman.

2. Membuat sistem grounding dengan tahanan di bawah 5 ohm

Jika kita paham akibat dari ketiadaan sistem grounding, maka kita pasti khawatir saat hendak menyalakan peralatan listrik di rumah kita. Bagaimana tidak? Kasus arus bocor ini bisa terjadi sewaktu-waktu dan tentu bisa membahayakan jiwa raga anggota keluarga kita.

Oleh karena itu, selalu pastikan instalasi listrik di rumah kita sudah dilengkapi sistem grounding dengan nilai tahanan sekecil mungkin (di bawah 5 ohm) agar ketika terjadi arus bocor yang tidak kita ketahui, maka arus tersebut akan mengalir melalui jalur grounding ke tanah dan bukan melalui tubuh kita.

Selain itu, keberadaan sistem grounding juga akan sangat berguna ketika terjadi sambaran petir. Dengan adanya grounding, peralatan listrik di rumah kita akan relatif lebih aman karena petir akan mengalir ke jalur yang memiliki tahanan paling kecil, dalam hal ini tentu ke sistem grounding di rumah kita.

Berikut ini contoh instalasi yang dilengkapi sistem grounding :

Peralatan listrik nyetrum saat saat dipegang? Ini penyebab dan solusinya

3. Selalu gunakan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) pada instalasi rumah anda

ELCB berfungsi untuk mendeteksi kebocoran arus pada instalasi rumah kita. ELCB akan otomatis trip dalam waktu yang sangat cepat yakni 0.1 detik saat terjadi kebocoran arus dari 0.3 hinga 30 mA.

Berikut adalah contoh instalasi listrik yang dilengkapi ELCB.

Peralatan listrik nyetrum saat saat dipegang? Ini penyebab dan solusinya
ELCB bekerja dengan cara membandingkan arus yang masuk pada titik phase dengan yang kembali pada titik netral.

Dalam kondisi ideal (tidak ada arus bocor), arus pada titik phase harusnya sama dengan arus yang kembali ke titik netral. Jika terdapat selisih, maka selisih tersebut dianggap sebagai arus bocor dan ELCB akan trip, tentunya kebocoran tersebut sebesar range ELCB.

ELCB penting untuk menghindari setrum melalui kontak langsung maupun kontak tidak langsung.

Kontak langsung artinya seseorang memegang langsung bagian kabel yang bertegangan, sedangkan kontak tidak langsung adalah saat seseorang memegang body peralatan yang bertegangan akibat adanya arus bocor.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari pembahasan ini adalah :
  1. Peralatan listrik yang nyetrum saat dinyalakan itu terjadi karena adanya arus bocor pada peralatan listrik
  2. Arus bocor biasanya terjadi karena ada bagian kabel yang isolasinya rusak dan menempel pada body (casing) peralatan.
  3. Grounding dengan tahanan di bawah 5 ohm bisa menghindarkan kita dari bahaya seterum peralatan akibat arus bocor.
  4. Proteksi (pengaman) terbaik dari arus bocor adalah dengan menggunakan ELCB 30 mA. Jika grounding hanya mengamankan kita dari bahaya setrum peralatan akibat arus bocor (arus bocor tetap ada jika tidak diperiksa dan diperbaiki), maka ELCB akan mematikan listrik di rumah kita jika terjadi arus bocor. Hal ini tentu lebih baik karena akan menghindarkan kita dari kerugian daya akaibat arus bocor.
Noted :

Saat ini kWh meter prabayar sudah bisa mendeteksi jika terdapat arus bocor pada peralatan ataupun instalasi lsitrik rumah kita. Saat ini terjadi, maka akan muncul tulisan PERIKSA dan listrik akan padam. Untuk menormalkan kWh meter kembali, kita harus memperbaiki arus bocor tersebut.

Umumnya pelanggan PLN tidak mengerti masalah ini dan solusinya adalah hubungi PLN. 

Demikian pembahasan kali ini tentan arus bocor dan cara mengatasinya. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang salah, silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Peralatan listrik nyetrum saat dipegang? Ini penyebab dan solusinya"