Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari artikel di sini

Pompa air kolam ikan / aquarium hemat listrik terbaik

Istilah kolam ikan pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dari namanya saja kita sudah bisa memahami apa maksudnya dan saya rasa tidak perlu lagi saya jelaskan. Hehe

Sejauh yang saya ketahui, kolam ikan dibuat untuk beberapa tujuan, misalnya sebagai tempat untuk budidaya ikan oleh peternak ikan, sebagai hiasan taman umum, hiasan rumah, halaman dll.

Kelangsungan hidup beberapa jenis ikan di dalam kolam ternyata sangat bergantung pada ketersediaan oxygen terlarut dalam air. Semua ikan pada dasarnya butuh oxygen untuk bertahan hidup, hanya saja bebera jenis ikan melakukan pernapasan di dasar atau pertengahan air dan beberapa lagi naik ke bagian permukaan untuk menghirup oxygen. Itulah sebabnya kenapa ada ikan yang tetap mampu bertahan hidup meski tanpa aerator (misal ikan lele, gurame, dll) dan ikan lainnya akan mati jika tanpa aerator (misalnya ikan koi, ikan mas dll). Nah, ikan yang bernafas di dasar perairan itulah yang akan menjadi objek dari aerator ini.

Pompa air kolam ikan /aquarium hemat listrik terbaik 2021 (Versi khaddavi.net)

Berbicara tentang Aerator (Pompa oxygen), ada banyak orang yang bertanya apa saja sih contoh atau merk pompa oxygen kolam ikan yang hemat listrik? Secara kan pompa oxygen ini akan dinyalakan terus menerus untuk menjaga kadar oxygen terlarut dalam air sehingga bisa menjamin kelangsungan hidup ikan peliharaan.

Menjawab pertanyaan ini sebenanrya tidak sulit dan juga tidak gampang. Kenapa? Karena kenyataanya, kebutuhan akan pompa aerator harus disesuaikan juga dengan kadar Oxygen terlarut dalam air (Dissolved oxygen) yang dibutuhkan oleh ikan peliharaan.

Jumlah kebutuhan normal kadar DO dalam air untuk beberapa jenis ikan pun berbeda beda. Berikut ini contohnya :

Pompa air kolam ikan hemat listrik terbaik 2021
Tabel kebutuhan kadar DO bebrapa jenis ikan tawar

Tabel di atas menunjukan bahwa setiap ikan ternyata memiliki kebutuhan kadar oxygen yang berbeda-beda. Sebagai contoh ikan KOI. Ikan koi butuh kadar oxygen minimal 5 ppm untuk bisa bertahan hidup dan memiliki pertumbuhan yang baik dan normal, jika di bawah itu maka pertumbuhannya akan terganggu atau bahkan mati, di samping juga kebutuhan akan kandungan-kandungan lainnya seperti pH, kekeruhan air, temperatur air dll.

Di artikel kali ini, kita tidak akan membahas lebih jauh tentang beternak ikan, perawatan ikan dll, akan tetapi lebih ke arah pompa aerator sesuai judul di atas.

Baiklah, berikut ini saya kasih list contoh pompa aerator kolam ikan yang bagus dan hemat listrik. Dari spesifikasi beberapa jenis pompa ini, harapannya anda bisa menyesuaikan sendiri kira-kira pompa mana yang cocok dengan kebutuhan anda.

1.  YAMANO ACO 001

Pompa air kolam ikan hemat listrik terbaik 2021 (Versi khaddavi.net)
Spesifikasi :
  • Brand : Yamano Electric Magnetic Air Compressor ACO-001
  • Tegangan input : 220-240 VAC
  • Flow max : 45 liter/menit = 2700 liter/jam
  • Daya : 25 Watt

Pompa aerator kolam ikan yang pertama adalah YAMANO ACO 001. Dengan output flow 45 liter per menit, pompa ini bisa digunakan pada kolam ikan atau aquarium dengan volume maksimum 300 liter.

Kapasitas daya yang kecil yakni 25 watt tentu sangat hemat bila dipakai terus menerus. Sebagai contoh jika anda menyalakan aerator ini selama 24 jam non stop, maka listrik yang akan terpakai selama sehari semalam hanya 0.6 kWh. Dalam 1 bulan anda akan menghabiskan 18 kWh saja.

Jika anda adalah pelanggan PLN dengan daya 450 VA subsidi, maka dengan tarif listrik sebesar 169/kWh, per bulan anda akan menghabiskan biaya sebesar 18 x 169 = Rp. 3.163

Baca juga : Cara membaca angka pada kWh meter, dan akan habis selama berapa hari?

2.  AMARA AA 105

Pompa air kolam ikan /aquarium hemat listrik terbaik 2021 (Versi khaddavi.net)

Spesifikasi :
  • Brand : Amara
  • Tegangan input : 220 VAC
  • Daya : 60 watt
  • Flow Max : 50 liter/menit = 3000 L/H

Yang satu ini namanya Amara type P5200. Kelebihan aerator ini adalah model pompa celup. Jadi operasional pompa ini dengan cara dimasukan ke dalam air kolam ikan atau aquarum. Sebagaimana yang kita ketahui, salah 1 kelebihan pompa model celup adalah tidak bising. Jadi cocok jika digunaka untuk aquarium dalam rumah atau kolam ikan mini di halaman rumah.

Pompa ini running dengan daya 60 watt. Kecil dan tentu hemat. Jika dinyalakan selama sehari semalam, pompa ini akan menghabiskan energy listrik sebesar 1.5 kWh. Dalam 1 bulan akan menghabiskan energy sebesar 45 kWh.

Pompa ini bisa digunakan pada kolam ikan/aquarium dengan volume maksimal 400 liter.

Jika anda adalah pelanggan PLN dengan daya 450 VA subsidi, maka dengan tarif listrik sebesar 169/kWh, per bulan anda akan menghabiskan biaya sebesar 45 x 169 = Rp. 7.605

3. Kyodo SP-2400

Pompa air kolam ikan /aquarium hemat listrik terbaik 2021 (Versi khaddavi.net)

Spesifikasi :
  • Brand : Kyodo
  • Tegangan input : 220 VAC
  • Daya terpakai : 60 Watt
  • Daya pancar maksimal : 2.6 meter
  • Flow Max : 2400 Liter/Jam = 40 liter per menit
Pompa kolam ikan yang ke 3 adalah Kyodo SP-2400. Sama halnya dengan point no 2, pompa ini juga model pompa celup. Jadi penggunaanya dengan cara dimasukan ke dalam air kolam ikan.

Dengan kapasitas daya 60 Watt, pompa ini mampu meghasilkan flow sebesar 2400 liter per jam atau 40 liter per menit dengan kekuatan semburan air sejauh 2.6 meter. Pompa ini bisa anda gunakan pada aquarium dengan volume 400 liter.

Sama halnya dengan AMARA AA 105, kebtuhan energy listrik per harinya adalah 1.5 kWh atau 45 kWh per bulan.

Jika anda adalah pelanggan PLN dengan daya 450 VA subsidi, maka dengan tarif listrik sebesar 169/kWh, per bulan anda akan menghabiskan biaya sebesar 45 x 169 = Rp. 7.605

4. YAMANO ACT 3800

Pompa air kolam ikan /aquarium hemat listrik terbaik 2021 (Versi khaddavi.net)

Spesifikasi :
  • Brand : Yamano
  • Tegangan input : 220 VAC
  • Power : 26 WATT
  • H max : 3,8 Meter
  • Flow Max : 3800 liter / jam = 64 liter/menit

Pompa kolam ikan berikutnya yakni Yamano ACT 3800. Secara kapasitas daya yang 26 watt, pompa ini terlihat kecil. Tapi jangan remehkan kapasitas flow nya yang mencapai 3800 liter per jam atau 64 liter per menit. 

Pompa ini mampu menjadi difuser yang sangat baik pada kolam dengan kapasitas 600 liter.

Adapun penggunaan energy listrik per hari adalah 0.62 kWh atau sekitar 18.72 kWh per bulan.

Jika anda adalah pelanggan PLN dengan daya 450 VA subsidi, maka dengan tarif listrik sebesar 169/kWh, per bulan anda akan menghabiskan biaya sebesar 18.72 x 169 = Rp. 3.163

5. Resun LP 60

Pompa air kolam ikan /aquarium hemat listrik terbaik 2021 (Versi khaddavi.net)
Spesifikasi :
  • Brand : RESUN
  • Tegangan input : 220 VAC
  • Watt : 50 Watt
  • Keluaran Angin : 70L / Menit = 4200 liter/jam
  • Kedalaman Air Maksimal : 3.5 meter
  • Pemisah Angin : 14 Cabang

Berikutnya adalah pompa air RESUN LP 60. Pompa ini bukan model submersible, jadi penggunaanya diletakan di atas kolam.

Pompa ini istimewa karena output flow nya tinggi yakni 70 liter per menit = 4200 liter per jam. Dengan daya yang hanya 50 Watt, pompa ini masuk dalam kategori sebagai salah 1 pompa irit listrik karena hanya mengkonsumsi daya sebesar 1.2 kWh per hari atau 36 kWh per bulan.

Keistimewaan lain pompa ini adalah ouput nya yang bercabang 14. Hal itu tentu akan berakibat pada makin banyaknya gelembung udara yang mampu dihasilkan pada kolam ikan, yang artinya juga akan menjaga kadar oxygen dalam air menjadi makin baik.

Jika anda adalah pelanggan PLN dengan daya 450 VA subsidi, maka dengan tarif listrik sebesar 169/kWh, per bulan anda akan menghabiskan biaya sebesar 36 x 169 = Rp. 6.084

Adapun biaya untuk kWh meter dengan daya yang lain silahkan dihitung sendiri dengan mengacu pada tarif dasar listrik PLN terbaru berikut ini.

Pompa air kolam ikan /aquarium hemat listrik terbaik 2021 (Versi khaddavi.net)

Baiklah, sekian artikel kali ini tentang pompa kolam ikan murah terbaik menurut khaddavi.net. Sekali lagi, ini hanya menurut saya pribadi. Di luar sana tentu ada banyak model pompa kolam ikan yang juga bagus tapi belum saya ketahui.

Terimakasih dan semoga bermanfaat..

Khaddavi Al-Fatih
Khaddavi Al-Fatih Dear pembaca... Blog khaddavi.net sangat bergantung pada iklan yang tampil di blog ini. Oleh karena itu, jika anda menggunakan fitur ads block, mohon untuk dinonaktifkan atau masukan blog ini dalam daftar white list pada settingan browser anda agar iklannya tetap bisa tampil. Siapa tau anda tertarik dengan salah 1 iklannya, hehe.. Terimakasih

Post a Comment for "Pompa air kolam ikan / aquarium hemat listrik terbaik"