Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan utama

Cara membalik arah putaran motor pompa air

Salah satu masalah yang akan membuat pompa air tidak bisa menyedot air adalah jika putaran nya terbalik. Saat putaran pompa air terbalik, maka yang akan berfungsi sebagai suction (jalur hisap) adalah bagian output pompa, yang mana hal ini akan membuat pompa air seolah-olah menyedot air dari atas permukaan dan bukan dari dalam sumur.

Arah putaran pompa air yang benar

Normlanya, arah putaran kipas pompa harusnya searah jarum jam (CW) agar bisa menyedot air dari dalam sumur.

Baca juga : Jalur pembuangan mesin cuci bocor? Ini penyebab dan solusinya

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membalik arah putaran motor pompa air 1 phase, khususnya motor pompa air kapasitas kecil yang biasa digunakan pada sumur-sumur dangkal dengan kedalaman maksimal 10 meter.

Cara membalik arah putaran motor pompa air

Sebelum membahas bagaimana cara membalik putaran pompa air 1 phase, sebagai bahan perbandingan, kita akan membahas bagaimana cara membalik puatarn motor / pompa listrik 3 phase terlebih dahulu.

Baca juga : Cek, begini cara menghehemat listrik yang benar!

Cara membalikkan putaran motor listrik 3 phase

Jika pada motor listrik 1 phase terdiri dari 2 kumparan yakni kumparan utama dan kumparan bantu, maka pada motor listrik 3 phase terdiri dari 3 kumparan sesuai namanya.

Pada motor listrik 3 phase, untuk merubah arah putaran dilakukan dengan membalik sumber RST yang terhubung pada terminal motor, baik untuk koneksi STAR (bintang) maupun koneksi Delta. 

Baca juga : Cara memperbaiki lampu LED mati total

Agar lebih jelas, silahkan perhatikan gambar berikut ini.

# Kondisi putaran motor normal (CW) searah jarum jam :

Kondisi putaran motor normal (CW) searah jarum jam pada motor listrik 3 phase

# Kondisi putaran terbalik, (CCW) berlawanan jarum jam :

Kondisi putaran motor terbalik (CCW) berlawanan arah jarum jam pada motor listrik 3 phase
Sebagaimana gambar di atas, untuk membuat motor 3 phase berputar berlawanan arah jarum jam, kita hanya perlu menukar posisi kabel R dengan S pada terminal motor. Bisa juga dengan menukar posisi kabel R dengan T atau S dengan T.

Lalu, bagaimana dengan motor 1 phase?

Cara membalik putaran motor pompa 1 phase

Seperti yang telah disebutkan diatas, motor pompa 1 phase terdiri dari 2 kumparan yaitu kumparan utama dan kumparan bantu. Biasanya disimbolkan dengan U dan Z.

Untuk membuat motor 1 phase berputar terbalik, maka yang kita lakukan adalah membedakan polaritas sumber listrik yang masuk pada ke 2 kumparan ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar di bawah.

Cara membalik arah putaran motor listrik 1 phase

Keterangan :

  • L : Sumber phase
  • N : Sumber Netral
  • U1 : Sumber Phase kumparan utama atau sebaliknya
  • U2 : Sumber netral kumparan utama atau sebaliknya
  • Z1 : Sumber phase kumparan bantu atau sebaliknya
  • Z2 : Sumber netral kumparan bantu atau sebaliknya
  • Main : Kumparan utama
  • Aux : Kumparan bantu
  • Capacitor : Kapasitor (penggerak awal)
Note : Istilah "atau sebaliknya" pada U1, U2, Z1 dan Z2 artinya bisa dibalik. Polaritas sumbernya bisa terbalik antara phase dan netral.

Skema diagram di atas adalah sambungan di dalam body motor 1 phase. Realitanya, pada box terminal motor hanya terdapat 3 kabel saja yakni 2 buah kabel untuk sumber line kumparan utama dan bantu, dan 1 buah sumber netral untuk ke 2 kumparan.

Warna kabel untuk kumparan utama dan bantu mungkin berbeda untuk setiap produsen motor listrik.

berikut ini adalah koneksi terminal motor yang sebenarnya sesuai dengan skema di atas.

Cara membalik arah putaran motor listrik 1 phase pada terminal motor

Gambar 1 (Putaran searah jarum jam)

Cara membalik arah putaran motor listrik 1 phase pada terminal motor

Gambar 2 (Puataran berlawanan arah jarum jam)

Cara membalik arah putaran motor listrik 1 phase pada terminal motor

Gambar 3 (Puataran berlawanan arah jarum jam)

Penjelasan gambar 1

Seperti yang terlihat pada Gambar 1 di atas, sumber untuk kumparan U1 (utama) dan Z1 (bantu) adalah sumber phase (L). Adapun U2 dan Z2 mendapatkan sumber netral. Model sambungan seperti ini akan membuat motor listrik berputar searah jarum jam.

Penjelasan gambar 2

Pada Gambar 2 terlihat bahwa kumparan U1 mendapat sumber netral dan U2 dari Phase (Line). Sedangkan pada kumparan bantu, Z1 masih mendapat sumber dari Line dan Z2 dari netral. Karena salah satu kumparan (kumparan utama) mendapat sumber secara terbalik dari contoh pada gambar 1, maka pada kondisi ini motor akan berputar secara terbalik (berlawanan arah jarum jam).

Penjelasan gambar 3

Adapun Gambar 3, kita melihat bahwa kumparan utama mendapatkan sumbernya dari jalur yang sama seperti Gambar 1, tetapi berbeda pada kumparan bantu. Hal ini akan membuat motor listrik 1 phase juga akan berputar secara terbalik (berlawanan arah jarum jam).

Baca juga : Transmisi listrik tanpa kabel

Jadi kesimpulannya adalah jika kita ingin mengubah arah putaran motor listrik satu phase, maka kita hanya perlu mengubah sumber yang masuk menuju salah satu kumparan, baik itu kumparan utama atau kumparan bantu.

Bagaimana jika kita mengubah keduanya? Tidak akan berhasil karena sama saja dengan merubah posisi pole sekaligus. Pada kondisi ini, motor 1 phase akan tetap berputar seperti semula yakni searah jarum jam.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan tolong bantu share ya...

Terimakasih.

close