Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari artikel di sini

15 Masalah masalah umum pada AC dan solusinya

Ada banyak masalah-masalah umum yang biasa terajdi pada AC, yang mana masalah-masalah tersebut ujung-ujungnya membuat AC menjadi tidak dingin lagi.

Masalah masalah umum pada AC dan solusinya

Berikut ini saya rangkum setidaknya 15 masalah yang umum terjadi pada AC.

  1. Bocor air pada Indoor AC
  2. Bocor air pada outdoor AC
  3. Refrigrant/freon bocor
  4. Filter AC kotor
  5. Kompresor tidak bekerja
  6. Coil evav tidak bekerja
  7. Kapasitor rusak/masalah
  8. Thermostat gagal bekerja
  9. Suara AC tidak normal
  10. MCB trip terus
  11. Udara AC bau tidak sedap
  12. Pipa AC bocor
  13. Maslah kontrol sirkuit
  14. Kipas outdoor masalah
  15. Hembusan angin lemah

1. Bocor air pada indoor AC

Jika Anda melihat air bocor dari unit indoor AC, itu berarti perawatan Anda sudah terlambat! Alasan kebocoran air dari AC biasanya karena saluran pembuangan kondensat dari sistem tersumbat sehingga menyebabkan air tidak bisa mengalir melewati pipa pembuangan dan malah mengalir ke pipa dan masuk ke rumah Anda. Alasan lain yang mungkin terjadi untuk masalah AC ini adalah pompa kondensat Anda mungkin telah rusak total dan perlu diganti.

Solusi untuk air bocor di dalam ruangan:

Kebocoran air adalah salah satu masalah AC yang umum dan dapat diperbaiki dengan bantuan teknisi atau atau perbaiki sendiri di rumah. Pipa kondensat yang tersumbat dapat dibuka menggunakan vakum basah atau kering. Anda juga bisa menuangkan 6 ons cuka ke saluran pembuangan untuk membersihkan saluran pembuangan.

2. Bocor air pada outdoor AC

Pada saat musim kemarau, Anda mungkin melihat ada genangan air tepat di bawah kompresor AC Anda. Ini mungkin karena beberapa alasan: filter udara kering, tangki kondensat rusak, pemasangan yang tidak benar, dll.

Solusi untuk air bocor di luar ruangan:

Setelah mengetahui masalah AC ini, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mematikan AC dan memutuskan catu daya.  jika masalah ini tidak segera ditangani, maka outdoor AC bisa mengalami masalah serius. Untuk jenis masalah AC seperti itu, Anda mungkin perlu menghubungi seorang teknisi jika anda sendiri tidak yakin bisa memperbaiki atau tidak.

3. Freon bocor

Refrigeran AC juga dikenal dengan istilah Freon dan merupakan komponen utama yang menjadi sebab udara pada AC bisa dingin. Kebocoran refrigeran adalah salah satu masalah unit AC yang umum dan dapat mengurangi efisiensi AC. Selain itu, kebocoran juga bisa berbahaya bagi lingkungan sekitar.

Solusi kebocoran refrigerant AC:

Jika terjadi kebocoran kecil, maka kita harus mengisi ulang refrigeran dan melakukan perbaikan pada area kebocorannya. Kebocoran biasanya terjadi pada pipa AC, dan para teknisi menanganinya dengan cara dilas agar tertutup rapat kembali.

4. Filter indoor kotor

Filter AC berperan penting dalam menjaga aliran udara tetap bersih dan bebas dari debu dan polutan. Filter udara yang tersumbat dapat membatasi aliran udara dan menurunkan efisiensi sistem AC. Filter yang kotor juga mengurangi kemampuan sistem untuk mendinginkan udara secara efektif.

Solusi untuk filter AC kotor:

Jika Anda merasa aliran udara AC Anda terasa pengap atau tersumbat, periksa filter udara dan coba bersihkan karena kemungkinan filter udara yang kotor membatasi aliran udara.

Filter udara biasanya harus dibersihkan setiap dua minggu. AC yang sudah canggih bahkan sudah mampu mendeteksi kapan filter udara harus dibersihkan.

5. Kegagalan kompresor

Salah satu komponen AC yang paling penting adalah kompresor yang membantu refrigeran melakukan pertukaran panas dan mengatur tekanan AC. Koil yang kotor, perubahan level refrigeran, dan kurangnya pelumasan dapat menyebabkan kegagalan kompresor AC.

Jika refrigeran kurang, kompresor akan menjadi panas dan berhenti bekerja. Jika berlebihan juga akan menyebabkan peningkatan tekanan dalam sistem, yang juga dapat menyebabkan kegagalan pada kompresor.

Solusi kompresor gagal bekerja:

Jika kondisi ini terjadi, yang bisa kita lakukan ya memanggil teknisi AC. Jika tekanan freonnya kurang, maka teknisi akan menambahkan sampai tekanan tertentu. Jika ternyata lebih, maka akan dikurangi sampai tekanan seharunya.

Jika ini sudah dilakukan, maka AC biasanya akan normal kembali.

6. Coil evavortaor gagal bekerja

Jika AC tidak dingin, atau hanya terasa sedikit sejuk, biasanya karena koil evaporator yang membeku. Ini juga salah satu masalah umum pada AC.

Hal ini disebabkan karena kotoran yang terakumulasi pada kumparan membatasi aliran udara pada koil evav, dan udara hangat tidak mencapai zat pendingin. Dalam hal ini, zat pendingin menjadi terlalu dingin, dan uap air pada koil membeku.

Seiring waktu, koil tertutup bunga es, mencegah zat pendingin di koil menyerap panas dari udara luar.

Solusi untuk koil evaporator beku:

Untuk kasus ini, pastikan filter udara dan koil evav tetap dalam kondisi bersih. 

Jika sudah terlanjur kejadian, solusi yang bisa kita lakukan adalah mematikan AC hingga seluruh bunga es pada koil evav mencair. Bisa juga dengan cara menyalakan AC tapi dengan setting temperatur tinggi agar AC hanya menyala pada mode kipas. Ini akan membantu mencairkan bunga es.

Beberapa orang bahkan menggunakan hair dryer untuk mempercepat proses mencairkan bunga es. Ini juga bagus.

7. Kapasitor rusak

Terkadang, ketika AC  dihidupkan dan mati secara tiba-tiba, disertai dengan bunyi klik, itu menandakan masalah pada kapasitor. Kapasitor adalah bagian penting dari unit AC yang berfungsi sebagai starting awal pada motor untuk mulai bekerja.

Di saat cuaca panas ekstrem, ketika AC harus bekerja keras, kapasitor bisa menjadi terlalu panas. Selain itu, fluktuasi daya dan perubahan yang sering terjadi pada pengaturan termostat dapat merusak kapasitor.

Solusi untuk kegagalan kapasitor:

Solusi untuk masalah ini tentu panggil teknisi AC. Masalah ini tidak bisa diselesaikan oleh orang yang awam tentang AC. Kecuali anda kebetulan adalah teknisi AC. 

Bahkan jika anda mencari tutorial di YouTube pun sebaiknya jangan, karena akan ada resiko kerusakan yang lebih parah nantinya.

8. Thermostat gagal bekerja

Salah satu masalah paling umum pada AC split adalah tehrmostat tidak berfungsi. Sebagaimana yang kita tahu, fungsi thermostat adalah untuk menjaga suhu pendingin agar sesuai dengan setpoint yang diinginkan pengguna. Jika thermostat tidak bekerja, maka suhu pada AC tidak akan bekerja sesuai keinginan kita.

Jadi apabila suhu ruangan sudah mencapai temperatur yang kita inginkan/sesuai setinggan di remot control maka thermostat otomatis akan bekerja memutus arus listrik ke outdor/mematikan mesin kompresornya dan sebaliknya jika suhu ruangan sudah tidak sesuai yang kita inginkan atau tidak sesuai setinggan diremot AC maka otomatis thermis akan bekerja mengirimkan arus ke unit outdoor/kompresor jadi kompresor akan bekerja mendinginkan ruangannya kembali dan begitu seterusnya.

Solusi untuk termostat yang gagal bekerja :

Salah satu indikasi bahwa thermostat pada AC sudah mulai bermasalah adalah jika AC sudah tidak bekerja sesuai setting suhu yang kita berikan melalui remote control.

Miasalkan setting suhu pada remote control adalah 24 derajat, dan saat itu suhu menunjukan 28 derajat, namun AC tidak kunjung dingin atau outdoor tidak menyala, mkaa bisa dipastikan outdoor AC bermasalah.

Lokasi thermostat berada di dalam indoor AC, di dekat kisi-kisi indoor. Membuka nya sebenarnya tidak sulit-sulit amat, bisa kita lakukan sendiri untuk memastikanya masih bagus atau tidak. Cara menguji nya pun sebenanrya sederhana. Kita bisa menggunakan multimeter, dan air es.

Tempatkan ujung thermostat pada air es, ukur tahanan pada kaki thermostat menggunakan multimeter. Apa yang terjadi?

Jika tahanan thermostat berubah (entah ke bawah atau ke atas) saat anda memasukan thermostat ke air es, maka harusnya thermostat masih bagus. Tapi jika nilai tahanan yang terbaca pada multimeter tidak ada perubahan, maka dipastikan thermostat rusak. Artinya harus ganti baru.

9. Bunyi AC tidak normal

Jika suara AC terdengar aneh dan keras, terutama dari outdoor, itu menandakan adanya masalah. Hal ini tentu bikin kita tidak nyaman. Tapi itulah cara alami peralatan terutama AC memberitahu pemiliknya bahwa ada masalah dengan AC.

Suara yang berbeda menunjukkan masalah AC yang berbeda – misalnya, suara seperti gerinda berarti mengarah ke kompresor atau kerusakan motor. Jika ada halangan pada kipas AC atau masalah kapasitor, itu akan membuat suara klik. Suara menggelegak dihasilkan karena kebocoran refrigeran atau kelembapan berlebih di unit Anda.

Solusi untuk kebisingan AC:

Periksa dan identifikasi bagian mana dari yang saya sebutkan di atas yang ada temukan menjadi masalahnya.

Jika anda merasa mampu untuk memperbaikinya silahkan diperbaiki, jika tidak silahkan panggil teknisi.

10. MCB trip terus

Jika MCB trip trus saat anda menyalakan AC, maka penyebab biasanya adalah kegagalan kapasitor, filter atau koil kotor, tekanan refrigeran rendah, kegagalan kompresor, dan masalah pada MCB itu sendiri.

Setelah Anda melihat masalah ini, matikan AC dan jangan mencoba setting ulang overload pada outdoor karena dapat menyebabkan kebakaran.

Solusi :

Hubungi teknisi karena masalah ini sudah cukup berat untuk ditangani sendiri oleh yang bukan ahlinya.

11. Udara AC bau tidak sedap

Bau menyengat dari AC Anda disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Bau seperti api menunjukkan bahwa beberapa komponen listrik terbakar di dalam sistem. Bau gas menunjukkan kebocoran Methyl Mercaptan, yang bisa berbahaya.

Jika Anda menyalakan AC setelah beberapa saat, Anda mungkin melihat bau telur busuk yang berasal dari unit. 

Solusi untuk AC bau:

Bersihkan AC Anda secara menyeluruh. Untuk masalah listrik dan kebocoran gas, selalu hubungi teknisi untuk perbaikan.

12. Pipa freon bocor

Dalam kasus AC ducting, jaringan pipa ducting bertugas membawa udara dingin ke seluruh ruangan. Namun, jika ada kebocoran atau lubang, itu bisa mempengaruhi fungsi AC Anda. Bahkan jika AC Anda menyala untuk sementara waktu, Anda akan merasa seperti tidak dinyalakan sama sekali.

Saluran bocor dapat mempengaruhi kualitas udara karena lubang di saluran kerja dapat menyedot kotoran dan polutan lainnya. Kotoran tambahan ini juga dapat menyumbat filter udara dan menyebabkan pendinginan dan pemanasan yang tidak merata di rumah Anda.

Solusi untuk saluran bocor:

Untuk menentukan masalah AC yang umum ini, pertama-tama cari lubang kebocoran di mana. Jika Anda tidak dapat menemukan lubangnya, Anda dapat menyalakan unit AC Anda dengan kecepatan penuh untuk memeriksa aliran udara melalui lubang; namun, ini hanya akan berfungsi jika unit Anda mengeluarkan udara. Sebagian besar kebocoran terjadi saat kedua saluran bergabung, jadi letakkan tangan Anda di dekat sambungan ini untuk merasakan udara keluar.

Setelah menemukan kebocoran, matikan AC anda dan tutup kebocoran tersebut menggunakan lem besi. Sebaiknya panggil teknisi untuk mengelas bagian yang bocor tersebut.

13. Kegagalan pada kontrol sirkuit

Terkadang Anda menyalakan dan mematikan AC sedemikian rupa sehingga kompresor dan kipas sistem menjadi aus. Kompresor, motor kondensor, dan motor blower terhubung, membuat koneksi untuk menghidupkan unit. Gangguan pada sambungan karena korosi pada kabel atau terminal dapat membuat kompresor dan motor tidak menyala. Lonjakan listrik juga dapat menyebabkan kegagalan listrik.

Solusi untuk kegagalan dalam kontrol listrik :

Untuk menentukan masalah unit pendingin udara ini, periksa sambungan listrik, dan jika Anda tidak dapat mengatasi masalah tersebut, hubungi teknisi.

14. Kipas outdoor masalah

Unit luar AC mentransfer panas dari dalam ruangan ke luar melalui kipas yang terletak di unit luar. Jika kipas yang terletak di luar rumah tidak bekerja secara efisien, perpindahan panas yang tepat tidak akan terjadi. Akibatnya, kompresor AC bisa menjadi terlalu panas atau membuat beban pengaman trip. Kasus terburuk adalah ketika hal itu dapat menyebabkan kerusakan internal pada kompresor, yang menyebabkan penggantian pada komponen AC.

Solusi untuk kegagalan kipas AC:

Jika kipas sistem Anda berhenti, maka mungkin ada masalah dengan kabel sistem Anda atau komponen yang longgar di suatu tempat. Dalam kasus seperti itu, cukup lepaskan selubung luar dan periksa masalahnya secara visual. Sekali lagi, pastikan untuk mematikan daya terlebih dahulu. Namun, dalam kebanyakan kasus, mungkin sulit bagi Anda untuk mendiagnosis masalah unit AC seperti itu, jadi lebih baik untuk memanggil seorang teknisi dan memperbaikinya dengan benar.

15. Hembusan angin lemah

Saluran duct bocor, penyumbatan ventilasi, dan tingkat refrigeran yang rendah dapat menyebabkan masalah ini. 

Solusi untuk aliran udara yang lemah:

Untuk saluran duct yang bocor, maka pastikan itu diperbaiki dulu. Bersihkan penyumbatan pada ventilasi udara AC, dan pastikan tekanan freon selalu berada pada tekanan standard.

Khaddavi Al-Fatih
Khaddavi Al-Fatih Dear pembaca... Blog khaddavi.net sangat bergantung pada iklan yang tampil di blog ini. Oleh karena itu, jika anda menggunakan fitur ads block, mohon untuk dinonaktifkan atau masukan blog ini dalam daftar white list pada settingan browser anda agar iklannya tetap bisa tampil. Siapa tau anda tertarik dengan salah 1 iklannya, hehe.. Terimakasih

Post a Comment for "15 Masalah masalah umum pada AC dan solusinya"