Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi multimeter digital murah dan bagus untuk kita yang awam listrik

Ada beberapa artikel tutorial pada blog ini yang mengharuskan kita melakukan pengecekan menggunakan alat yang bernama Multimeter. Misalnya pada artikel tentang mengatasi masalah pompa air tidak berputar, hanya mendengung dan panas. Lalu pada artikel tentang cara cek kapasitor pompa apakah masih bagu atau tidak. Dan bebera artikel lainnya.

Meskipun pada umumnya multimeter adalah tools wajibnya para teknisi listrik, ada baiknya kita yang awam juga memiliki alat ini. Kenapa? Karena saat terjadi kerusakan peralatan listrik di rumah sepeti pompa air misalnya, kita bisa segera mengecek dan mengetahui kerusakannya di mana dan bisa segera memutuskan pompa airnya mau diapain. Apakah mau diservice atau dibuang saja. Hehe

Nah, kali ini kita akan mereview sebuah multimeter yang menurut saya bagus. 

Harganya murah tapi tidak murahan. Cocok untuk melakukan pengecekan pada kerusakan-kerusakan yang sifatnya tidak berat.

Ini dia multimeter nya.. Projecta DT-830B

Baca juga : Cara menggunakan multimeter digital DT-830B

Rekomendasi multimeter digital murah dan bagus untuk kita yang awam listrik

Saya cek di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak, harga multimeter ini ada di kisaran 35rb - 50rb an. Murah dan menurut saya sangat worth it jika melihat manfaat dan kegunaanya. 

Baiklah, berikut ini adalah besaran-besaran listrik yang bisa kita cek (ukur) menggunakan multimeter DT-830B ini.

Tegangan AC dan DC (Volt)

Rekomendasi multimeter digital murah dan bagus untuk kita yang awam listrik

DT-830B bisa digunakan untuk mengukur tegangan AC dan DC. 

Untuk tegangan AC, multimeter ini bisa mengukur tegangan dengan range hingga 750 volt. Sebagai gambaran, tegangan listrik PLN di rumah kita adalah 220 Volt untuk yang 1 phase dan 380 Volt untuk yang 3 phase. Jadi sangat cukup untuk cek tegangan listrik di rumah kita terutama saat terjadi tegangan drop, di mana  hal itu akan membuat pompa air di rumah kita sering hidup mati sendiri.

Untuk tegangan DC, multimeter mungil ini bisa digunakan untuk cek tegangan hingga 1000 Volt DC. Wow... Sedangkan tegangan aki motor kita saja cuman 12 Volt. hehe

Tahanan / hambatan (Ohm)

Rekomendasi multimeter digital murah dan bagus untuk kita yang awam listrik

Bagian ini mungkin adalah yang paling penting. Multimeter ini bisa kita gunakan untuk mengecek apakah kapasitor pada pompa air masih bagus atau tidak. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengecek apakah belitan (kumparan) dinamo masih bagus atau sudah terbakar, dll.

Untuk pengukuran tahanan, DT 830B bisa digunakan untuk cek tahanan hingga 2000 kilo Ohm (2 mega ohm). 

Sebagai gambaran, saat kita melakukan pengecekan baik pada kapasitor maupun pada kumparan dinamo, kita bermain pada tahanan di bawah 10 ohm.

Arus DC (Ampere)

Rekomendasi multimeter digital murah dan bagus untuk kita yang awam listrik

Berikutnya adalah pengukuran arus. DT 803B juga bisa digunakan untuk mengukur arus DC pada peralatan instrumentasi industri maupun alat-alat elektronik yang bekerja pada arus dengan nilai yang sangat kecil, yakni dari 20 Mikro - 200 mili amper.

Selain itu, multimeter ini juga menyediakan probe khsus yang bisa digunakan untuk mengukur arus DC hingga 10 Ampere sebagaimana yang yang ditunjukan tanda panah pada gambar di atas.

Dioda dan Hfe

Bagian terakhir adalah pengecekan hFE dan dioda. 

Pada probe hFE, kita bisa mengukur nilai faktor penguatan pada taransistor type PNP dan NPN.

Pada probe dioda, multimeter ini bisa digunakan untuk mengukur nilai tanahan pada dioda.

Bagaimana? lengkap bukan? 

Bagi para teknisi, multimeter ini mungkin seperti barang mainan jika dibandingkan dengan multimeter high class macam Sanwa, fluke, emerson, dll.

Tapi tidak masalah, selama bisa bermanfaat dan berfungsi dengan baik kenapa tidak. Kalo rusak kan tinggal beli lagi. Hehe

Lalu bagaimana cara menggunakan multimeter ini untuk pengukuran tegangan, arus dan tahanan? Simak pada artikel berikut ini : Cara menggunakan multimeter digital DT-830B

Sekian dan semoga bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Rekomendasi multimeter digital murah dan bagus untuk kita yang awam listrik"