Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan utama

Cek! Segini kebutuhan listrik untuk AC 0.5 - 2 PK

Saat memutuskan untuk membeli AC baru, terutama yang kapasitas watt kecil seperti AC 1/2, 3/4, 1 dan 2 PK, jangan lupa untuk memastikan berapa besar daya kWh meter di rumah kita.

Membeli AC yang kapasitas daya nya lebih besar atau terlalu mepet dengan daya pada kWh meter akan membuat AC tidak bisa digunakan. 

Baca juga : Listrik di rumah spaning (redup), tapi kok tetangga enggak?

Berapa kebutuhan listrik untuk AC 1/2, 3/4, 1 dan 2 PK?

Jika daya pada AC melebihi daya pada kWh meter, maka kWh meter kita akan trip (jegleg) saat AC baru dinyalakan. 

Adapun jika daya pada AC terlalu mepet dengan kapasitas daya pada kWh meter, maka kita tidak akan bisa mengggunakan beban-beban listrik lainnya selain AC tersebut.

Lalu bagaimana cara menentukan kebutuhan listrik untuk AC yang hendak kita beli, terutama AC dengan daya 1/2, 3/4, 1 da 2 PK?

Baca juga : Apakah kW sama dengan kWh?

Kebutuhan listrik untuk AC 1/2 PK

AC 1/2 PK adalah favourite nya masyarakat semua golongan ekonomi. Hal ini karena AC dengan kebutuhan daya 1/2 PK adalah yang paling mungkin digunakan pada rumah-rumah dengan kapasitas daya kWh yang kecil seperti 450 VA.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa AC setengah PK bisa digunakan pada kWh meter 450 VA? 

Pada peralatan-peralatan listrik seperti TV, lampu, kulkas, mesin cuci dll, keterangan satuan konsumsi daya nya biasanya menggunakan satuan Watt, yang mana satuan ini sudah sangat umum dan familier di telinga kita. 

Beda hal nya dengan AC. Pada AC, keterangan konsumsi daya nya menggunakan satuan PK. Apa itu PK?

PK adalah singkatan bahasa belanda yakni paardenkracht atau kalau diinggriskan adalah Horse Power (daya kuda). Kadang ada juga yang menyebut PK adalah Power Kuda. Ya gak salah juga sih, cuman agak aneh saja, haha.

Lalu apakah PK itu sama dengan Watt?

Pada dasarnya PK dan Watt itu sama-sama satuan daya. Hanya saja nilai nya berbeda. Jika dikonversi, kita akan mendapatkan nilai sebagai berikut.

1 PK = 745.5 Watt

Jadi jika kita memiliki AC 1/2 PK, maka itu artinya = 1/2 x 745.5 = 373 Watt.

Sekarang kita telah mengetahui bahwa AC 1/2 PK itu sama artinya dengan AC 373 Watt.

Maka, untuk mengetahui besaran arus yang dibutuhkan, kita bisa menggunakan persamaan sederhana sebagai berikut, yakni :

I = P / V

Di mana,

I = Arus (Ampere)
P = Daya (Watt)
V = Tegangan (Volt)

I = 373 Watt / 220 Volt

I = 1.7 Ampere

Jadi, AC dengan daya 1/2 PK akan membutuhkan arus sebesar 1.7 Ampere.

kWh meter 450 VA menggunakan MCB dengan batas arus 2 Ampere. Hal ini menunjukan bahwa AC 1/2 PK masih bisa jika digunakan pada kWh meter 450 VA karena kebutuhan ampere nya masih di bawah rating kWh meter 450 VA.

Hanya saja, hal ini tentu sangat tidak disarankan karena jika kita menggunakan AC 1/2 PK pada kWh meter 450 VA, maka 85% daya kWh akan terpakai oleh AC. Hal ini akan membuat peralatan-peralatan listrik lainnya menjadi tidak kebagian dan jika dipaksakan maka akan membuat kWh meter trip. 

Pada akhirya, pintar-pintar kita mengatur penggunaan peralatan listrik sedemikian rupa agar AC dan peralatan-peralatan listrik lainnya tetap bisa digunakan bersamaan.

Cara sederhana misalnya jika hendak menyalakan AC, maka peralatan-peralatan lisrik lainnya seperti kulkas, TV, mesin cuci dll dimatikan dulu.

Biarkan AC hidup dan jalan normal baru kemudian menghidupkan peralatan lainnya.

Jika cara di atas tidak berhasil dan kWh meter tetap trip, itu artinya kita harus tambah daya menajdi 900 atau 1300 VA.

Jadi, AC 1/2 PK sebaiknya digunakan pada kWh meter dengan daya minimal 900 VA.

Baca juga : Bagaimana sih listrik dihasilkan dan bisa sampai di rumah kita?

Kebutuhan listrik untuk AC 3/4 PK

Cara mengetahui kebutuhan listrik AC 3/4 PK sama saja dengan yang 1/2 PK. Kita sudah mengetahui bahwa 1 PK = 745.5 Watt. Jadi jika kita ingin mengetahui Watt nya maka :

3/4 x 745.5 = 559.2 Watt.

I = 559.2 / 220 Volt

I = 2.5 Ampere.

Dengan kebutuhan arus sebesar 2.5 Ampere, maka sudah pasti kita tidak akan bisa menggunakan kWh meter 450 VA untuk AC 3/4 PK. Yang paling sesuai adalah kWh meter dengan daya 900 VA ke atas. 

Pada kWh meter 900 VA, batasan arus yang telah ditetapkan PLN adalah 4 Ampere, yang mana masih berada di atas kebutuhan AC 3/4 PK yakni 2.5 Ampere.

Jadi, AC 3/4 PK sebaiknya digunakan pada kWh meter dengan daya minimal 900 VA.

Kebutuhan listrik untuk AC 1 PK

Cara mengetahui kebutuhan listrik AC 1 PK juga sama saja dengan AC 1/2 PK. Kita sudah mengetahui bahwa 1 PK = 745.5 Watt. Jadi jika kita ingin mengetahui Watt nya maka :

1 x 745.5 = 745.5 Watt.

I = 745.5 / 220 Volt

I = 3.4 Ampere.

Dengan kebutuhan arus sebesar 3.4 Ampere, maka kita masih bisa menggunakan kWh meter 900 VA hanya saja sudah sangat mepet. 85% dari total daya pada kWh akan terpakai oleh AC 1 PK yang mana akan membuat kWh meter trip jika AC dipaksa nyala dengan peralatan lainnya.

Pada kWh meter 900 VA, batasan arus yang telah ditetapkan PLN adalah 4 Ampere, yang mana masih berada sedikit di atas kebutuhan AC 1 PK yakni 3.4 Ampere.

Jadi, AC 1 PK sebaiknya digunakan pada kWh meter dengan daya minimal 1300 VA.

Kebutuhan listrik untuk AC 2 PK

Cara mengetahui kebutuhan listrik AC 2 PK pun juga sama saja dengan AC 1/2 PK. Kita sudah mengetahui bahwa 1 PK = 745.5 Watt. Jadi jika kita ingin mengetahui Watt nya maka :

2 x 745.5 = 1.491 Watt.

I = 1491 / 220 Volt

I = 6.8 Ampere.

Dengan kebutuhan arus sebesar 6.8 Ampere, maka kita tidak bisa menggunakan kWh meter 1300 VA apalagi 900 VA ke bawah.

Pada kWh meter 1300 VA, batasan arus yang telah ditetapkan PLN adalah 6 Ampere, yang mana berada di bawah kebutuhan AC 2 PK yakni 6.8 Ampere.

kWh meter yang paling direkomendasikan untuk AC 2 PK adalah kWh meter 2200 VA yang memiliki batasan arus sebesar 10 Ampere. Dengan begitu, kita masih bisa menggunakan banyak peralatan listrik lainnya untuk kita nyalakan bersamaan.

Jadi, AC 2 PK sebaiknya digunakan pada kWh meter dengan daya minimal 2200 VA.

Baiklah, sekian artikel kali ini. Jika ada yang kurang jelas dari penjelasan di atas, bisa ditanyakan pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa bantu share ya artikelnya..

Terimakasih..

2 comments for "Cek! Segini kebutuhan listrik untuk AC 0.5 - 2 PK"

  1. Terima kasih informasinya masbro, sangat membantu saya sebagai teknisi ac untuk menjelaskan kepada konsumen

    ReplyDelete
  2. Thanks ka untuk infonya. Cukup singkat dan jelas artikelnya mudah dimengerti. Jadi bisa jelasin kepada orang lain tentang daya pada ac ini

    ReplyDelete