Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur (selang) pembuangan mesin cuci bocor? Ini penyebab dan solusinya!

Salah satu penyakit mesin cuci, khususnya yang type manual adalah bocor pada jalur pembuangannya (jalur drain). Masalah ini paling sering disebabkan oleh usia pemakaian mesin cuci yang sudah lama.

Sebagai contoh mesin cuci yang kami miliki (Sharp manual 2 tabung) di rumah mengalami kebocoran setelah 4 tahun pemakaian. Bocor yang dimaksud di sini adalah air pada jalur / selang pembuangan terus menerus keluar meski knob pembuangan sudah ditutup. 

Jalur pembuangan mesin cuci bocor? Ini penyebab dan solusinya

Penyebab mesin cuci bocor pada jalur pembuangan

Dari pengalaman bocoranya jalur drain yang kami alami, penyebab kebocorannya adalah karena seal drain valve yang kotor. Kotor pada seal drain sudah mengeras begitupun dengan jalur drainnya. Inilah yang menjadi penyebab valve drain tidak bisa menutup rapat saat ditutup.

Penyebab mesin cuci bocor pada jalur pembuangan

Penyebab mesin cuci bocor pada jalur pembuangan

Cara membuka dan membersihkan seal dan jalur drain valve

1. Buka cover (tutup) body warna hitam pada bagian belakang mesin cuci menggunakan obeng plus. Terdapat 3 baut.

Cara membuka dan membersihkan seal dan jalur drain valve

2. Jika sudah terbuka, posisikan knobe valve drain pada posisi CUCI (tutup) agar tali pengait berada pada kondisi kendor dan mudah dibuka. Selanjutnya buka pengait tali valve drain sepert pada gambar berikut.

1. Posisikan knobe valve drain pada posisi CUCI

Buka pengait tali valve drain sepert pada gambar berikut.


Buka pengait tali valve drain sepert pada gambar berikut.

3. Jika pengait sudah dibuka, selanjutnya buka tutup valve drain. Bisa menggunakan kunci pas atau juga menggunakan tang seperti gambar berikut. Putar ke kiri (berlawanan jarum jam).

3. selanjutnya buka tutup valve drain

4. Jika tutup valve drain sudah longgar, hati-hati pada bagian akhir saat hendak terbuka karena jika langsung dibuka maka tutup valve drain akan terpental oleh spring pada valve drain.

4. Buka dan bersihkan seal drain valve


Buka dan bersihkan seal drain valve


Buka dan bersihkan seal drain valve

Buka dan bersihkan seal drain valve

5. Jika kondisi valve drain kotor seperti gambar di atas, silahkan dibersihkan total baik di seal maupun jalur drainnya. Jika pembersihan tidak dilakukan maksimal, ada kemungkinan bocor akan kembali terjadi.

5. Seal drain yang sudah dibersihkan
Seal drain sudah bersih

6. Jika proses cleaning sudah selesai dilakukan, silahkan pasang kembali dan tutup cover belakang.

6. tutup kembali cover belakang

7. Terkadang, penyebab jalur pembuangan bocor bukan hanya karena seal drain kotor, tapi juga karena beberapa hal, yakni :

  • Seal valve sudah sudah rusak. Jika seal sudah rusak, seperti sudah robek atau aus misalnya, maka harus diganti.
  • Seal masih bagus tapi kaku. Jika seal terlihat masih bagus, tidak rusak dan juga tidak kotor, tapi keras (kaku), maka seal harus diganti. Seal yang masih bagus harusnya flexible (elastis).
  • Spring (per) sudah rusak. Bisa karena berkarat atau karena sebab-sebab lainnya.
8. Selesai.

Sekian langkah-langkah sederhana untuk mengatasi masalah jalur pembuangan mesin cuci bocor. Tidak semua kebocoran disebabkan oleh masalah yang sama seperti di atas. Intinya adalah kita mengerti bagaimana membuka dan memeriksa bagian yang menjadi titik masalahnya. Kerusakan apapun yang kita temukan silahkan atur sendiri langkah perbaikan sesuai dengan kerusakannya.

Mohon bantu dishare jika anda anggap artikel ini bermanfaat. Terimakasih...

Khaddavi Al-Fatih
Khaddavi Al-Fatih Di balik rutinitas sehari-hari, saya usahakan tetap aktif ngeblog dan sharing hal-hal yang saya pahami khususnya tentang kelistrikan. Harapannya apa yang saya tulis di blog ini, dengan segala kekuranganya, bisa memberi manfaat untuk pembaca. Mohon bantu dishare pada tombol BERBAGI di bawah ya... Terimakasih...

Posting Komentar untuk "Jalur (selang) pembuangan mesin cuci bocor? Ini penyebab dan solusinya!"