Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan utama

Listrik PLN di rumah spaning (drop), sedangkan tetangga normal. Kenapa ya?

Pernah nggak anda mengalami kondisi di mana aliran listrik PLN di rumah kita spaning (redup), namun anehnya listrik tetangga yang lain malah normal?

Atau kondisi yang ke dua, listrik kita dan beberapa tetangga spaning, dan sebagian tetangga yang lain lagi normal?

Jeleknya, kondisi listrik seperti ini membuat kita tidak bisa menyalakan beban-beban listrik yang watt nya besar seperti pompa air, kulkas, mesin cuci dll. Saat hendak coba dihidupin, listriknya malah makin redup sampai akhirnya mati total.

Baca juga : Cara memperbaiki lampu LED mati total

Listrik PLN di rumah spaning, sedangkan tetangga normal. Kenapa ya?

Sebenarnya itu kenapa sih?

Berdasarkan pengalaman di lapangan, kondisi listrik seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain.

  1. Konektor kabel twisted PLN di atas rumah mulai mengalami loss kontak,
  2. Ada titik di mana kabel twisted panas, meleleh hingga kebakar,
  3. Jalur kabel utama menuju rumah kita mengalami voltage drop,

1. Konektor kabel twisted PLN di atas rumah loss kontak

Konektor twisted bisa jadi penyebab drop tegangan

Konektor seperti gambar di atas adalah jenis konektor standard yang digunakan PLN untuk koneksi listrik di rumah-rumah pelanggan.

Salah 1 kelebihan konektor ini adalah kita bisa dengan mudah melakukan penyambungan kabel twisted bahkan dalam kondisi listrik hidup. Tinggal masukan kabel twisted dari sumber dan beban di ke 2 sisi terminal konektor dan kencangkan baut sampai gigi-gigi konektor terkoneksi dan sempurna pada kabel twisted.

Konektor twisted bisa jadi penyebab drop tegangan

Sayangnya, seiring waktu pemakaian, konektor ini akan mengalamai beberapa masalah yang membuat aliran listrik menjadi terganggu. Jika koneksi pada konektor twisted sudah tidak lagi maksimal, maka listrik terkadang masih bisa mengalir namun karena hanya terkoneksi sedikit membuatnya mengalami tegangan drop (spaning) terutama saat pelanggan menyalakan beban-beban rumah tangga yang watt nya besar.

Baca juga : Bagaimana sih listrik dihasilkan dan bisa sampai di rumah kita?

Pada beberapa kasus, konektor malah bisa mengalami loss kontak. Loss kontak artinya aliran listrik dari sumber ke rumah putus di konektor ini. Penyebabya beragam. Misalnya :

  1. Kurang kencang saat awal pemasangan. Karena listrik sudah menyala, dianggapnya koneksi sudah bagus padahal belum. Konektor yang tidak kencang saat awal pemasangan akan membuatnya mudah loss kontak saat terjadi terpaan angin, hujan dll. Solusi untuk masalah ini adalah kencangin lagi baut konektor hingga benar-benar menggigit kabel twisted.
  2. Konektor mengalami gradasi karena cuaca. Hujan, panas, hujan, panas. Itu adalah kondisi yang sering dialami konektor twisted di atas rumah. Pada titik tertentu, hal ini akan membuat konektor mengalami kerusakan sehingga koneksi terputus.
  3. Beban listrik berlebihan (Overload). Jika konektor twisted digunakan pada kabel twisted dengan beban rumah tangga banyak, bagian yang diserang pertama kali adalah bagian konektor ini. Baru kemudian merambat ke kabel dll.

2. Ada titik di mana kabel twisted panas dan meleleh hingga nyaris putus

Listrik PLN di rumah spaning (drop), sedangkan tetangga normal. Kenapa ya?

Kabel twisted melintang ke mana-mana di atas rumah-rumah penduduk. Terkadang kabel twisted mengalamai gesekan dengan benda-benda lain sehingga menyebabkan isolasi nya terkupas. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu lama di mana kabel dalam kondisi berbeban, maka kabel akan mengalami leleh hingga terbakar. Kondisi ini akan bertambah parah jika kabel mengalami kontak dengan bahan-bahan metal.

Selain karena gesekan benda-benda lain, kabel twisted bekas terpasangnya konektor juga bisa menjadi titik leleh karena gigitan konektor pada kabel twisted akan membuat isolasi dan konduktor kabel luka dan lama-lama panas dan kebakar.

Saat kabel twisted terbakar seperti gambar di atas, maka listrik ke rumah-rumah akan tetap mengalir tapi tidak maksimal. Sebagian kawat penghantar kabel terputus dan sebagian kecil saja yang tersisa sehingga meskipun listrik masih hidup, tegangan nya akan drop signifikan sehingga membuat banyak peralatan listrik dengan watt besar tidak bisa dinyalakan. Paling hanya lampu penerangan dan beban-beban listrik kecil saja yang masih bisa hidup dalam kondisi seperti di atas.

Hal negatif lain yang bisa terjadi akibat tegangan drop adalah peralatan listrik akan mudah rusak jika dipakasa hidup dalam kondisi seperti itu.

3. Jalur kabel utama menuju rumah kita mengalami voltage drop

Listrik dari sumber PLN tidak selamanya handal. Ada kondisi di mana tegangan listrk yang menuju rumah kita memang drop dari sononya (sumber). Untuk kasus tegangan drop ini, penyebabnya ada bebarap hal misalkan :

  1. Jalur kabel yang menuju rumah kita memikul terlalu banyak beban pelanggan sehingga otomatis tegangan akan drop di bawah 220 Volt, bahkan hingga di bawah 200 volt. Jika listrik di rumah kita sampai mengalami spaning, artinya tegangan sudah turun jauh di bawah 200 volt. Hubungi PLN untuk mengatasi masalah ini.
  2. Beban pada travo distribusi PLN sudah terlalu banyak sehingga tegangan drop.
  3. Posisi rumah yang terlalu jauh dari travo distribusi juga bisa menyebabkan tegangan drop. Jika kabel listrik PLN dari sumber ke rumah kita terlalu panjang (jauh), maka tegangan akan drop sehingga listrik tidak maksimal.
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya... Terimakasih...

1 comment for "Listrik PLN di rumah spaning (drop), sedangkan tetangga normal. Kenapa ya?"

  1. Penjelasannya singkat dan mudah dimengerti. Dirumah saya beberapa kali terjadi spaning yg kadang bikin panik huhu

    ReplyDelete