Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan utama

Kenapa sih PLN mengganti kWh meter kita?

Sejak 2020 sampe sekarang, teman-teman mungkin sering melihat team dari PLN berjalan ke rumah-rumah untuk mengganti kWh meter atau sekedar melakukan pengecekan. Kadang kita bertanya kenapa sih? Apalagi bagi kita yang merasa kWh meter kita baik-baik saja alias tidak ada masalah, kok diganti baru?

Kenapa sih PLN mengganti kWh meter kita?

Jadi, yang dilakukan PLN sebenanrya ada 2.

  1. Melakukan udpdate KRN
  2. Ganti kWh meter lama

Melakukan update KRN

KRN adalah singkatan dari Key Revison Number (Nomor revisi kunci). Update KRN dilakukan pada kWh meter berusia 5-7 tahun khsususnya pada kWh meter token (Prabayar). Aplikasi yang digunakan untuk update KRN beranama KCT mobile, yang hanya dimiliki oleh petugas-petugas yang ditunjuk oleh PLN.

Salah 1 indikasi bahwa KRN pada meter prabayar kita harus diupdate adalah jika kWh meter sudah tidak bisa lagi isi token listrik. Jadi, jika anda merasa kWh meter token di rumah sudah berusia antara 5 - 7 tahun dan belum ada petugas yang datang melakukan update, sebaiknya segera hubungi PLN bahkan meski kWh meter masih bisa diisi token. Hal ini harus dilakukan karena cepat atau lambat kWh meter akan eror. 

Anda bisa menghubungi PLN melalui aplikasi PLN MOBILE di hp anda atau hubungi 123 (tanpa kode area). Jika petugas lama melayani keluhan anda, anda bisa meminta nomor KCT kepada petugas dan menginputnya sendiri ke kWh meter anda.

KRN biasanya terdiri dari baris angka layaknya token listrik. Bedanya, jika token listrik hanya terdiri dari 1 baris kumpulan angka, sedangkan KRN biasanya terdiri dari 4 baris sangka. Ke 4 baris angka tersebut harus dimasukan satu per satu, yang pada setiap baris angka diakhiri dengan tombol enter hingga kode tersebut terdapat tulisan BENAR pada kWh meter.

Jika ke 4 baris angka sudah diinput dan menunjukan BENAR, maka anda sudah berhasil update KRN meter prabayar anda yang artinya sudah tidak ada masalah lagi dengan isi token.

Mengganti kWh meter lama

kWh meter lama yang dimaksud di sini tentunya yang sudah berusia lebih dari 7 tahun. Pada pengumuman resminya, PLN mengatakan akan mengganti kWh meter yang sudah berusia 10 tahun ke atas untuk meter prabayar dan 15 tahun untuk meter analog (pascabayar).

Kenapa kWh meter tua perlu diganti?

Karena kWh meter ini adalah instrument pengukuran (alat ukur energi listrik). Alat ukur yang sudah terlalu lama digunakan akan berkurang tingkat akurasinya. Jika akurasi alat ukur berkurang (sudah tidak tepat), maka tentu akan menjadi masalah buat ke 2 belah pihak, entah itu PLN ataupun pelanggan. Bisa jadi, energi listrik yang digunakan pelanggan malah kurang atau lebih dari seharusnya yang mana akan berdampak langsung pada biaya yang dikeluarkan. Hal ini tentu tidak diinginkan.

Pada dasarnya, alat ukur yang sudah tidak akurat bisa dikalibrasi ulang. Kalibrasi artinya melakukan  koreksi kembali pada alat ukur agar akurasinya kembali lagi seperti semula (pada batas toleransi seharusnya).

Hanya saja, proses kalibrasi biasanya membutuhkan waktu yang lama. Hal ini membuat pihak PLN memutuskan langsung mengganti dengan yang baru agar lebih efektif. Gak kebayang lah ya jika kWh meter di rumah kita sudah harus dikalibrasi dan menunggu proses kalibrasi hingga barhari-hari? hehe

Selain karena faktor usia, penyebab kWh meter kita diganti juga bisa karena beberapa hal seperti meter yang pecah (rusak), eror, buram sehingga sulit dibaca, dlll.

Baiklah sekian teman-teman ya, alasan kenapa akhir-akhir ini banyak petugas PLN datang ke rumah-rumah kita untuk cek dan ganti kWh meter. Jika artikel ini anda rasa bermanfaat, mohon dibantu juga untuk share / berbagi agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh yang lainnya. Terimakasih...


28 komentar untuk "Kenapa sih PLN mengganti kWh meter kita?"

Nurul hidayah 12.42 Hapus Komentar
Mantul Her👍👍
Heri irawan 22.45 Hapus Komentar
Makasih mbak Nurul, 😀
Jujur saya baru tahu masalah alasan upgrade dan penggantian kwh ini. Ternyata memang perlu buat menjaga kinerja kwh meter biar tetap normal. Thank you mas.
Jastitah 01.33 Hapus Komentar
Ohalaah pantes aja beberapa waktu lalu ada petugas yang datang untuk ganti kWh meter. Ternyata tujuannya baru tau dari artikel ini hehehe thanks kak sudah sharing
Heri irawan 03.41 Hapus Komentar
Iya tuh mas Pur,, hee. Masama mas pur, makasih juga atas knjungannya..
Heri irawan 03.42 Hapus Komentar
Hehe, iya mbak.. mga bermanfaat ya..
Chakpedia 06.13 Hapus Komentar
Dirumah juga ganti kwh meter karena kacanya udah buram udah 15 tahunan :D
Sapamama 08.19 Hapus Komentar
Baru tahu tentang ini lho kak, makasih ya artikelnya bikin paham. Punya kami juga udah di ganti khw meternya.
Helmy Satria Martha Putra 12.41 Hapus Komentar
Betul kak Heri, biasanya PLN mengupdate KWH Meter karena untuk meningkatkan akurasinya.
Sangat bermanfaat postingannya.
ilsadest 14.40 Hapus Komentar
Khusus kwh pascabayar kadang meterannya nggak maju 😅 seolah2 ngga pake listrik.
Tapi sekarang semuanya udah pake token ya?
Pak Dedek 15.00 Hapus Komentar
serius baru tahu juga, sebab ditempat saya bertugas, tidak ada listrik,.
jadi kurang update. setelah membaca artikel ini saya jadi paham.
Arga Teknovidia 15.15 Hapus Komentar
Sekarang ada daerah yang sudah pake RFID. Thanks for sharing :)
Astari Pramuwardhani 16.13 Hapus Komentar
Wah baru tau kalo perlu diganti. Kalo pasca bayar 15 tahun sekali ya, jadi gak ngeh udah pernah diganti atau belum kwh di rumah nih. Ini boleh request ke pln atau harus nunggu pln yg inisiatif ke kita ya mas?
Pipit ZL ceritaoryza.com 19.26 Hapus Komentar
Wah saya baru tahu lho soal hal ini. Di rumah PLN prabayar dah lebih dari 10 tahun tapi masih lom diganti, alhamdulillah gak ada masalah sih.
Catatan Ardita 19.52 Hapus Komentar
Sangat bagus postingannya. Dirumah saya juga sudah KWH, lebih efektif menurut saya hehe
Voyaro 22.42 Hapus Komentar
Baru tau ternyata ini toh gunanya. Pantesan kemaren ada petugas datang ke rumah-rumah di sini. Mantep infonya
Dewi Arianna Manullang 00.53 Hapus Komentar
Mantapp kakkk. menambah ilmu saya banget. saya jujur saja, sangat takut berdekatan dengan listrik. Hehehehee gatahu kenapa.kyk ada trauma aja gitu krn pernah kesetrum
Jarwadi MJ 01.35 Hapus Komentar
semoga program penggantian meter listrik pln juga menyasar ke tempat saya. meter di rumah saya sudah berusia lebih dari 25 tahun. belum pernah ada penggantian sama sekali
Pak dedek 04.48 Hapus Komentar
asli kak, saya baru tahu tentang ini setelah baca artikel kakak.
semangat berbagi kak
Rina Darma 14.49 Hapus Komentar
Iya PLN sering ke rumah tiap mau akhir bulan. Tahunya cuma cek meteran, ternyata ada proses penggantian kwh juga. Next ga kaget kalau ada petugas melakukan ini.^^
cacaa 18.44 Hapus Komentar
Wah saya belum tahu kak, dirumah sudah diganti atau belum. Cb nnt saya tanya ke orang rumah..
Tomy Tegar 15.41 Hapus Komentar
Wow.. menarik & sangat detail artikelnya.. informatif krna saat ini harus lebih memahami trend & keadaan disekitar kita..

Smoga artikel & blog nya semakin berkembang yaa
@blogger_eksis 20.02 Hapus Komentar
Kak Dhavi kerja di PLN ya? Sampe paham bener tentang KWH meter ini.
Heri irawan 05.46 Hapus Komentar
Hehe iya mbak Ilsa. Program PLN memang pngen mengganti smua kwh meter pasca bayar menggunakan prabayar
Heri irawan 05.47 Hapus Komentar
Silahkan request mbak bsa kok. Melalui call 123 atau Pln mobile.
Heri irawan 05.48 Hapus Komentar
Sbaiknya hubungi Pln untk penghantian mbak,, hee
Heri irawan 05.49 Hapus Komentar
25 tahun wkwkwk. Nggk tau dah mas, itu kWh meter masih akurat atau nggk
Heri irawan 05.50 Hapus Komentar
Haha gk kok,, saya orang pabrik cuman memang sneng aja bahas ttg beginian,,