Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan utama

Magic com (rice cooker) jeglek padahal nasi belum matang? Ini penyebabnya!

Fungsi magic com (rice cooker) adalah untuk menanak (memasak) dan menjaga agar nasi yang telah dimasak tetap dalam kondisi hangat dan tidak basi.

Di balik fungsinya yang vital dalam kehidupan masak memasak ibu-ibu, kadang ada kalanya magic com yang kita miliki bermasalah.

Salah satu masalah magic com yang sering terjadi adalah saat menanak/memasak nasi, switch magic com selalu kembali dari posisi COOK ke WARM (posisi memasak ke menghangatkan), padahal nasi belum matang.

Baca juga : Rice cooker mati total? Ini yang harus dicek!

Magic com (rice cooker) jeglek padahal nasi belum matang? Ini penyebabnya!

Masalah ini tentu akan sangat merepotkan bahkan lumayan fatal karena jika kita tidak mengetahui hal tersebut ketika sedang memasak, tentunya nasi yang sedang kita masak tidak akan pernah matang.

Jadi, apa penyebab magic com (rice cooker) jeglek sebelum nasi matang?

Penyebab magic com (rice cooker) jeglek sebelum nasi matang

Penyebab magic com jeglek terus sebelum nasi matang adalah karena Thermostat (magnet switch) nya bermasalah atau rusak.

Magic com (rice cooker) jeglek padahal nasi belum matang? Ini penyebabnya!
Thermostat magnet (magnetik switch)

Sebagaimana yang kita tahu, magnet switch adalah salah satu komponen terpenting pada magic com. Jika magnet switch rusak atau bermasalah, maka magic com tentu tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Masalah yang akan timbul sesuai judul di atas, yakni switch magic com akan kembali ke posisi WARM meskipun nasi belum matang.

Baca juga : Nasi rice cooker basi dan berair? Ternyata ini penyebabnya

Apa itu Thermostat (magnetik switch) pada magic com (rice cooker) ?

Thermostat magnet (magnet switch) pada magic com adalah komponen yang berfungsi untuk menahan posisi switch saat ditekan dari posisi WARM ke posisi COOK dan akan kembali lagi ke posisi WARM ketika nasi telah matang.

Cara kerja Thermostat (magnetik switch)

Cara kerja thermostat ini adalah ketika suhu/temperatur pada magic com telah berada di atas 100 derajat celcius (saat nasi telah matang, -+ 130 degc), maka ia akan secara otomatis merubah posisi switch magic com dari posisi COOK ke posisi WARM.

Perubahan posisi ini terjadi karena pada Thermostat ini pada dasarnya terdiri dari 2 komponen yang bekerja secara berlawanan yakni magnet dan spring (per).

Magic com (rice cooker) jeglek padahal nasi belum matang? Ini penyebabnya!

Saat air pada penanak magic com sedang menguap (suhu 100 degc), maka yang bekerja menekan switch adalah magnet. Namun ketika air pada penanak nasi telah habis menguap (nasi telah matang di suhu 130 degc) maka daya magnet akan berkurang/hilang dan spring akan mendorong switch magic com ke posisi WARM.

Baca juga : Magicom tidak bisa menghangatkan, cuma bisa masak? Ini penyebabnya

Penyebab kerusakan Thermostat magnet

Thermostat magnet biasanya rusak karena usia pakai. Jika umur magic com sudah terlalu lama, biasanya daya magnet pada komponen ini akan berkurang/lemah. Jika daya magnet sudah berkurang/lemah, maka magnet tersebut tidak akan bisa menahan spring sehingga switch magic com akan dengan mudah kembali ke posisi WARM bahkan saat nasi belum matang.

Selain itu, bisa juga karena terdapat kotor di sekitaran magnet yang membuat daya magnet melemah. Dalam kasus ini, Thermostat masih bisa diperbaiki dengan cara membersihkan bagian-bagian yang kotor/berkerak.

Solusi Thermostat magnet rusak

Solusi jika thermostat magnet rusak ya tentunya diganti dengan yang baru. Kabar baiknya, harga komponen ini tidak lah mahal. Harga nya ada di kisaran 10 - 15rb. Banyak dijual di toko-toko online dan di toko service center magic com yang sesuai dengan merk yang kita punya.

Saran saya, jika anda tinggal di kota dan buru-buru untuk mengganti nya, sebaiknya kunjungi service center terdekat atau tempat-tempat yang menjual peralatan elektronik.

Tapi jika anda tinggal di kampung yang jauh dari kota, sebaiknya pesan secara online saja tapi tentu dengan biaya yang sedikit lebih mahal jika dengan ongkos kirim.

Cara mengganti thermostat magnet magic com yang rusak

  • Silahkan buka cover/tutup bagian bawah magic com
Magic com (rice cooker) jeglek padahal nasi belum matang? Ini penyebabnya!
  • Ikuti instruksi seperti gambar di atas. Tekan dan tahan pengait thermostat ke posisi tengah. Dalam kondisi ini, thermostat dalam keadaan free (siap dilepas).
  • Dorong thermostat ke arah dalam panci dan thermostat harusnya sudah terlepas.
  • Lakukan pergantian dengan yang baru.

Jika anda kesulitan memahami cara melepas Thermostat pada artikel ini, silahkan cari di youtube dengan kata kunci "Cara mengganti thermostat magnet magic com". Ada banyak video yang membahas tentang hal ini.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Tolong bantu share ke yang lain juga ya, Terimakasih...

close