Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan utama

Magicom tidak bisa menghangatkan, cuma bisa masak? Ini penyebabnya

Salah satu masalah yang juga sering terjadi pada magicom/rice cooker adalah bisa masak/menanak nasi, tapi tidak bisa warming (menghangatkan). 

Masalah ini tentu tidak kita inginkan karena keberadaan rice cooker kita harapkan tidak hanya untuk memasak nasi tapi yang lebih penting juga adalah agar nasi yang telah dimasak bisa tetap hangat sampai esok hari.

Tapi kadang masalah ini terjadi. Lalu apa sih penyebabnya?

Penyebab magicom tidak bisa menghangatkan nasi dan cuma bisa buat masak

Penyebab magicom / rice cooker tidak bisa menghangatkan nasi dan cuman bisa masak adalah :

  1. Micro switch rusak (tidak bekerja)
  2. Thermostat rusak (tidak bekerja)
  3. Element penghangat putus/rusak

Micro switch rusak (tidak bekerja)

Micro switch pada rice cooker berfungsi untuk memindahkan fungsi rice cooker dari mode COOK (memasak) ke posisi WARM (menghangatkan) atau sebaliknya.

Magicom tidak bisa menghangatkan, cuma bisa masak? Ini penyebabnya
Posisi microswitch pada rice cooker

Magicom tidak bisa menghangatkan, cuma bisa masak? Ini penyebabnya

Jika terminal COM dan NC tidak terhubung, maka rice cooker tidak akan bisa menghangatkan nasi karena listrik tidak terhubung menuju element penghangat rice cooker.

Untuk para teknisi, mengecek kondisi micro switch mudah dilakukan menggunakan multitester atau dengan cara lain. Tapi oleh orang awam, pengecekan akan sedikit sulit.

Jadi jika rice cooker anda mengalami masalah pada kontak microswitch, sebaiknya serahkan pada ahlinya.

Thermostat rusak (tidak bekerja)

Thermostat berfungsi sebagai temperatur limiter untuk element penghangat rice cooker. Keberadaan thermostat diperlukan untuk membatasi temperatur agar tidak lebih dari 76 derajat saat rice cooker menghangatkan nasi.

Bisa dibayangkan jika element penghangat tidak dibatasi oleh thermostat, maka nasi akan mudah kering bahkan gosong.

Magicom tidak bisa menghangatkan, cuma bisa masak? Ini penyebabnya

Efek keruskan thermostat adalah element penghangat tidak akan bekerja karena aliran daya menuju element penghangat akan terhenti pada komponen ini.

Itu sebabnya jika rice cooker tidak bisa menghangatkan, thermostat menjadi salah satu komponen yang harus diperiksa kondisinya.

Posisi thermostat biasanya menempel pada dinding bagian luar rice cooker.

Magicom tidak bisa menghangatkan, cuma bisa masak? Ini penyebabnya

Elemen penghangat putus/rusak

Jika rice cooker sudah berumur dan mengalami masalah tidak bisa menghangatkan nasi, biasanya yang rusak adalah element penghangat nya, entah itu element samping ataupun element atas.

Pada rice cooker miyako misalnya, jika salah satu dari element atas maupun samping rusak, maka rice cooker tidak akan bisa menghangatkan nasi. Sebabnya adalah karena element atas dan samping pada rice cooker merk miyako dirangkai secara seri. Jadi jika salah satu element putus, maka aliran daya menuju ke 2 element ini akan terputus dan penghangat akan berhenti bekerja.

Magicom tidak bisa menghangatkan, cuma bisa masak? Ini penyebabnya
Element atas

Element samping
Saran saya, jika rice cooker anda mengalami kerusakan pada element penghangat dan dirangkai seri dari pabrikan, sebaiknya dirubah menjadi rangkaian paralel agar ke 2 element tersebut tidak saling bergantungan satu sama lain.

Sekian artikel kali, semoga bermanfaat dan terimakasih...


close