Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan utama

Nasi rice cooker basi dan berair? Ternyata ini penyebabnya

Dipake masak normal. Nasi nya matang dengan sempurna. Habis itu didiamkan beberapa saat, nasinya kok rada berair dan lama-lama jadi basi! Tidak seperti rice cooker pada umumnya yang nasinya tetap kering dan enak meskipun sudah ber hari-hari. Masalahnya apa sih?

Inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Jadi, apa sih sebabnya nasi pada rice cooker kita mudah basi?

Penyebab nasi rice cooker berair dan cepat basi

Penyebab nasi rice cooker berair dan cepat basi adalah karena element penghangat pada tutup rice cooker rusak/tidak bekerja.

Nasi rice cooker basi dan berair? Ternyata ini penyebabnya
Element penghangat pada tutup rice cooker

Umumnya, setiap rice cooker biasa (non digital) memiliki 2 buah element penghangat (warm) yang terletak pada body keliling samping dan bagian atas (tutup rice cooker).

Jika element penghangat atas rusak atau tidak berfungsi, maka uap yang berasal dari nasi di dalam panci rice cooker akan tertahan oleh tutup atas rice cooker. Karena tutup atas ini berada dalam kondisi tidak hangat (element penghangat tidak bekerja), maka uap dari nasi tersebut akan berubah menjadi air. Air yang terbentuk pada fase ini kemudian jatuh ke nasi dalam panci. Akibatnya, nasi jadi berair dalam kondisi hangat dan dalam waktu singkat akan menjadi basi.

Kasus seperti ini sama halnya dengan jika kita memasukan nasi dingin ke dalam panci rice cooker yang sedang dalam mode Warm (menghangatkan). Nasi dingin tersebut dalam waktu singkat akan menjadi basi. Itulah sebabnya sebaiknya jangan mencampur nasi baru matang dengan nasi dingin di dalam panci rice cooker.

Solusi nasi rice cooker berair dan cepat basi

Terus solusinya bagaimana?

Nasi rice cooker basi dan berair? Ternyata ini penyebabnya
Element penghangat atas rice cooker

Ganti element penghangat yang rusak agar berfungsi sebagaimana mestinya. Bentuk generalnya seperti gambar di atas. Tapi bisa juga berbeda-beda tergantung merk Rice cooker yang kita miliki.

Harganya pun sangat terjangkau, kisaran 15rb an.

Sekian dan semoga bermanfaat..

close