Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan utama

Rice cooker mati total? Ini yang harus dicek!

Masih tentang Magicom (rice cooker). Kadang ada kalanya si magicom di rumah kita mengalami mati total. Boro-boro bisa dipake buat masak, sekedar nyala pun tidak.

Jika kasus seperti ini terjadi, kemungkinan masalahnya apa sih? Ayo kita bahas.

Jadi berdasarkan pengalaman sehari-hari, berikut ini adalah penyebab-penyebab magicom (rice cooker) bisa mati total.

Baca juga : Nasi rice cooker basi dan berair? Ternyata ini penyebabnya

Kabel nya putus

Bukan hanya rice cooker, peralatan elektronik apapun akan mati total jika kabel nya putus. Entah putus di bagian kabel phase ataupun netralnya. Hal ini karena daya dari PLN tentu tidak akan bisa masuk ke peralatan elektronik.

Kasus kabel putus mungkin terdengar sepele, tapi ini bisa saja terjadi. Entah karena tarikan pada kabel yang terlalu keras, digigit tikus, terbakar atau karena penyebab lainnya.

Rice cooker mati total? Ini yang harus dicek!
Sumber gambar : Ytube chanel - SC electro

Contoh kasus seperti pada gambar di atas. Salah satu terminal colokan rice cooker mengalami overheat hingga meleleh. Karena meleleh, koneksi kabel dari terminal ke rice cooker jadi putus. 

Kejadian terminal meleleh karena panas seperti gambar di atas bisa terjadi karena beberapa hal. Misalnya longgar, overload, dll.

Jadi jika rice cooker anda tiba-tiba mati total, maka jangan buru-buru membawanya ke tukang service. Bisa jadi masalahnya hanya karena koneksi/kabel nya putus.

Thermofuse mati

Setiap rice cooker pastinya memiliki salah 1 komponen bernama thermofuse. Apa itu thermofuse?

Thermofuse adalah sebuah pemutus daya (sekring) yang bekerja berdasarkan temperature. 

Jika temperature kerja peralatan yang terhubung pada komponen ini mengalami overheat (kelebihan panas) hingga limit yang sudah tertera pada thermofuse, maka thermofuse tersebut akan secara otomatis memutus daya ke rangkaian dan mematikan peralatan elektronik. 

Dalam kondisi normal, jika thermofuse mengalami temperatur limit, maka untuk bisa bekerja kembali, thermofuse butuh waktu beberapa saat agar temperaturnya dingin dan kontaknya terhubung kembali.

Rice cooker mati total? Ini yang harus dicek!
Sumber gambar : Ytube chanel - SC electro

Jadi, fungsi thermofuse dalam hal ini adalah sebagai protektor (pelindung) rice cooker dari kemungkinan panas berlebih, baik karena elemen pemanas utama (penanak nasi) maupun elemen ke dua (penghangat).

Posisi thermofuse pada rice cooker berada persis pada kaki elemen pemanas utama sebagaimana ditunjukan pada gambar di atas. Biasanya, thermofuse akan ditutupi oleh selongsong kabel (isolasi) tahan panas.

Rice cooker mati total? Ini yang harus dicek!
Temperatur maksimum : 240 derajat
Tegangan kerja : 220 VAC
Arus maksimum : 10 Ampere

Jadi sudah bisa dipastikan, jika komponen bernama thermofuse ini sudah rusak/mati, maka rice cooker tidak akan bisa dihidupkan.

Hanya saja yang perlu diperhatikan saat mengganti thermofuse adalah pastikas spesifikasinya sudah sesuai dengan komponen bawaannya. Jika tidak, maka akan dikhawatirkan merusak ke komponen-komponen lainnya.

Sekian, 2 hal yang biasanya menjadi penyebab rice cooker matot alias mati total. Jika anda pernah mengalami kejadian serupa namun disebabkan oleh kasus yang berbeda, mohon bantu share pengalaman di kolom komentar ya.

Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu share juga ke yang lain ya.. Terimakasih.

close